Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number SK-EKS-002 (Softkopi SK- EKS-001)
Collection Type Skripsi Ektensi
Title Analisa dan perancangan sistem customer relationship management (CRM) pada organisasi layanan teknologi informasi
Author Rogayah Hasan Albar;
Publisher Depok: Fasilkom UI, 2011
Subject Customer relationship management
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SK-EKS-002 (Softkopi SK- EKS-001) TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 34055
Perusahaan yang bergerak di bidang teknologi informasi (TI) saat ini berkembang sangat pesat. Rata-rata perusahaan TI hanya mengandalkan kemampuan teknis. Akan tetapi seiring dengan perkembangan bisnis di bidang TI tidak hanya dari sisi teknis yang mejadi bagian penting dari menjalankan bisnis, hal lain yang penting untuk diperhatikan adalah bagaimana membina hubungan dan komunikasi yang baik dengan pelanggan agar menciptakan kerjasama yang baik. Elganet merupakan salah satu unit bisnis dari perusahaan Medco group di bidang TI. Elganet pada awalnya hanya sebagai unit bisnis yang melayani unit bisnis Medco lainnya dalam operasional TI. Seiring berjalannya waktu, Medco group membentuk unit bisnis baru yaitu Api Metra Graha (AMG) yang bergerak dibidang properti. AMG dalam bisnisnya mengandalkan bisnis penyewaan gedung. Hal lain yang diunggulkan adalah jasa dan produk teknologi. Terkait jasa dan produk teknologi, AMG dibantu oleh Elganet dalam mendukung teknologi AMG. Selain membantu bisnis AMG, Elganet melakukan ekspansi bisnis dengan melakukan penjualan, pemasaran dan pelayanan kepada selain Medco group. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar Elganet dapat berkembang dan meningkatkan pendapatan. Elganet menggunakan kesempatan pangsa pasar yang dapat menghasilkan pendapatan bagi Elga maupun AMG. Dalam proses perkembangan organisasi Elganet masih banyak ditemukan hambatan yang dihadapi oleh Elganet. Hambatan tersebut diantaranya: tidak memiliki manajemen yang baik dalam interaksi serta bekerjasama dengan pelanggan dan para penghuni gedung sehingga tidak fokus dalam pelayanan gedung, proses bisnis yang belum matang, belum memiliki banyak pengalaman dalam bidang manajemen pemasaran, penjulalan dan pelayanan kepada pelanggan dan TI secara keseluruhan, manajemen dokumen yang masih berantakan serta dalam organisasi Elganet sering terjadinya perubahan strukur organisasi. Untuk mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut maka Elganet memiliki solusi alternatif dengan menggunakan metodologi Agile dan kerangka kerja Front CRM dalam proses penelitian. Kolaborasi antara metodologi Agile dan kerangka kerja Front CRM dilakukan dengan cara menggunakan metode wawancara, observasi, analisis data yang ada, mengisi kuesioner berisi proses bisnis dalam aspek startegis, pemasaran, penjualan dan pelayanan di mana keempat aspek tersebut terdapat dalam CRM. Selain itu, dengan metodologi Agile dan kerangka kerja Front CRM dalam penelitian membantu dalam mengetahui proses bisnis CRM yang ada dalam Elganet serta memiliki proses bisnis CRM rujukan yang sesuai dengan kebutuhan Elganet. Hasil proses bisnis CRM tersebut dapat digunakan untuk menemukan serta menentukan fitur sistem CRM yang dibutuhkan oleh Elganet. Fitur CRM yang dihasilkan pada Elganet adalah fitur yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik dari perusahaan Elganet. Fitur- fitur tersebut kemudian dimodelkan dalam bentuk feature modeling sebagai bagian dari tahap domain analysis bentuk software development. Pemodelan ini menghasilkan fitur dalam aspek strategis, pemasaran, penjualan dan pelayanan.