Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number KA-268 (Softcopy KA-268)
Collection Type Karya Akhir (KA)
Title Perencanaan Strategis Sistem Informasi : Studi Kasus PT. Arthawena Sakti Gemilang
Author Krisna Adirama;
Publisher Jakarta : Program Studi Magister Teknologi Informasi Fasilkom UI, 2011
Subject Information System Strategic Planning.
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
KA-268 (Softcopy KA-268) Indonesia TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 35324
ABSTRAK

Perubahan yang sangat cepat dikarenakan globalisasi bisnis, inovasi di dalam teknologi, serta keinginan untuk selalu dapat memenuhi kebutuhan konsumen, menuntut suatu perusahaan untuk terus melakukan perbaikan dan peningkatan secara berkelanjutan. Perbaikan tersebut meliputi peningkatan terhadap produktifitas, kualitas layanan, kualitas produk dan kemampuan bersaing. Tujuan dari perbaikan ini adalah untuk dapat memberikan kemampuan di dalam bersaing dengan para pesaingnya. Sistem Informasi dan Teknologi Informasi, atau biasa disebut dengan SI/TI, adalah salah satu penggerak utama di dalam perubahan ini. Pada masa kini SI/TI telah menjadi bagian penting di dalam memberikan keunggulan berkompetisi bagi perusahaan. PT. Arthawena Sakti Gemilang adalah salah satu perusahaan yang menerapkan SI/TI di dalam memberikan keunggulan berkompetisi. Arthawena adalah perusahaan manufaktur yang bergerak di pembuatan kemasan logam. Di dalam mewujudkan visinya untuk menjadi perusahaan nomor tiga terbesar di Indonesia, di dalam industri pembuatan kemasan logam, maka perlu didukung dengan strategi bisnis yang mampu memberikan keunggulan berkompetisi. Perencaaan Strategis Sistem Informasi (PSSI) digunakan untuk memberikan kontribusi solusi penerapan SI/TI di dalam mendukung strategi bisnis perusahaan. PSSI dibuat melalui rangkaian kegiatan yang disusun menjadi sebuah metodologi penelitian. Pembuatan metodologi penelitian ini mengacu kepada metodologi Ward dan Peppard yang terbagi menjadi lima buah fase. Fase pertama, memahami kondisi eksternal dan internal yang mempengaruhi bisnis perusahaan. Kedua, mempelajari tren SI/TI yang berkembang saat ini dan memahami kondisi SI/TI yang dimiliki oleh perusahaan. Ketiga, membuat strategi bisnis sistem informasi, strategi teknologi informasi, dan strategi manajemen SI/TI. Keempat, melakukan gap analysis antara protofolio aplikasi saat ini dengan portofolio aplikasi masa depan serta melakukan prioritasi pengembangan SI/TI. Kelima, membuat roadmap berdasarkan prioritasi pengembangan SI/TI. Teknik yang digunakan adalah Five Porter Forces, Value Chain Analysis, McFarlan Strategic Grid, dan Gap Analysis. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah perencanaan strategis sistem informasi yang dapat mendukung strategi bisnis dan memberikan keunggulan berkompetisi bagi Arthawena. Perencanaan strategis sistem informasi tersebut dibagi menjadi empat bagian. Pertama, mengintegrasikan sistem-sistem yang dimiliki Arthawena agar dapat mempermudah kolaborasi danmempercepat aliran komunikasi antar divisi di dalam Arthawena. Kedua, pembuatan aplikasi-aplikasi baru yang dapat mendukung strategi bisnis Arthawena (EIS, CRM, SCM, dan ERP). Ketiga, memperbaiki jaringan antar pabrik Malang dan Cikupa. Keempat, melakukan migrasi aplikasi berbasi Web ke Desktop. Untuk pengembangan selanjutnya diusulkan untuk melakukan kajian terhadap manfaat aplikasi dan perubahan yang diusulkan, kajian terhadap investasi di bidang SI/TI sebagai masukan bagi pihak manajemen, dan kajian terhadap resiko penerapan SI/TI di dalam Arthawena.