Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number SK-1041 (Softcopy SK-522)
Collection Type Skripsi
Title Analisis tingkat kesuksesan dan factor pendukung penerapan IT outsourcing: studi kasus PT. Bank Bukopin Tbk
Author Rizqy Puspitasari;
Publisher Depok : Fasilkom UI, 2012
Subject
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SK-1041 (Softcopy SK-522) TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 37675
vii Universitas Indonesia ABSTRAK Nama : Rizqy Puspitasari Program Studi : Sistem Informasi Judul : Analisis Tingkat Kesuksesan dan Faktor Pendukung Penerapan IT Outsourcing: Studi Kasus PT Bank Bukopin Tbk Persaingan dunia bisnis yang semakin kompetitif menuntut perusahaan untuk memiliki ketahanan dan daya saing untuk dapat bertahan dalam industrinya, antara lain dengan cara berfokus pada core business dan menyiasati keterbatasan sumber daya yang dimilikinya. Salah satu solusinya adalah outsourcing, yaitu pemanfaatan sumber daya eksternal untuk melaksanakan fungsi yang biasanya ditangani oleh sumber daya internal perusahaan. Dengan meningkatnya kebutuhan akan layanan TI, IT outsourcing merupakan salah satu strategi yang populer dengan tingkat kesuksesan yang cukup tinggi. Sayangnya, banyak perusahaan yang tidak memiliki standar kriteria untuk mengukur tingkat kesuksesan penerapan IT outsourcing. Penelitian ini ditujukan untuk menganalisis tingkat kesuksesan dan faktor-faktor pendukung kesuksesan penerapan IT outsourcing pada salah satu perusahaan perbankan, yaitu Bank Bukopin. Analisis tingkat kesuksesan dilakukan dengan mengembangkan suatu kerangka kerja berdasarkan teori Analytic Hierarchy Process dengan meminta experts memberikan pembobotan terhadap kriteria-kriteria yang didapatkan dari hasil studi literatur. Selain itu juga dilakukan penilaian terhadap pemenuhan faktor-faktor pendukung kesuksesan IT outsourcing. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan focus group discussion dengan pihak manajemen serta survei kepada pihak karyawan Divisi Pengembangan Teknologi Informasi Bank Bukopin. Hasil penelitian menunjukkan pihak manajemen dan pihak karyawan setuju bahwa penerapan IT outsourcing berada dalam tingkatan sedang atau menengah, yaitu dapat memberikan manfaat kepada perusahaan, meskipun manfaat tersebut belum dapat dirasakan secara optimal. Perusahaan juga belum dapat memenuhi semua faktor pendukung kesuksesan penerapan IT outsourcing. Maka, Bank Bukopin dapat melakukan beberapa perbaikan untuk mengoptimalkan manfaat yang didapat dari penerapan IT outsourcing. Kata kunci: IT outsourcing, tingkat kesuksesan, Analytic Hierarchy Process