Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number SK-1102 (Softcopy SK-583)
Collection Type Skripsi
Title Analisis karakteristik sistem pembayaran terhadap intensi perilaku konsumen untuk melakukan pembayaran online pada e-commerce si Indonesia
Author Luqman Syauqi Hidayat;
Publisher Depok: Fasilkom UI, 2013
Subject
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SK-1102 (Softcopy SK-583) TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 39421
ABSTRAK Nama : Luqman Syauqi Hidayat Program Studi : Sistem Informasi Judul : Analisis Karakteristik Sistem Pembayaran terhadap Intensi Perilaku Konsumen untuk Melakukan Pembayaran Online pada E-Commerce di Indonesia Pembayaran online merupakan komponen penting dalam berkembangnya industri e-commerce. Peran sistem pembayaran dapat dimaksimalkan melalui penyelarasan sesuai penerimaan pengguna. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi niat perilaku untuk menggunakan pembayaran online pada e-commerce di Indonesia. Model yang diajukan pada penelitian ini menggabungkan antara teori perilaku tentang penerimaan suatu teknologi dari sisi behavioral beliefs, social influences, dan personal traits dengan karakteristik sistem pembayaran yang ideal. Model diuji menggunakan teknik Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan software LISREL 8.8 dari 203 data sampel pengguna e-commerce di Indonesia. Hasil analisis menunjukkan bahwa keuntungan relatif, kemudahan penggunaan, dan trust berpengaruh langsung secara signifikan terhadap niat perilaku. Pengaruh sosial, keamanan, privasi, dan convertibility juga mempunyai pengaruh yang signifikan tetapi tidak langsung terhadap niat perilaku untuk menggunakan pembayaran online. Hal ini berimplikasi pada pentingnya mempertimbangkan faktor kemudahan penggunaan dan kepercayaan (trust) pada saat merancang sistem pembayaran online. Kata Kunci: Pembayaran online, e-commerce, behavioral beliefs, social influences, personal traits, karakteristik pembayaran, Structural Equation Modeling (SEM)