Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number T-1013 (Softcopy T-722)
Collection Type Tesis
Title Dampak Enterprise Architecture Management (EAM) terhadap manfaat binsis yang diterima melalui manfaat Teknologi Informasi (TI) pada perusahaan di Indonesia
Author Nita Arryani Sari;
Publisher Depok: Fakultas Ilmu Komputer, 2013
Subject Enterprise Architecture (EA), enterprise architecture management (EAM), komponen EAM, manfaat arsitektur enterprise, manfaat bisnis, manfaat teknologi (TI)
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
T-1013 (Softcopy T-722) TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 40888
ABSTRAK

ABSTRAK Nama : Nita Arryani Sari Program Studi : Magister Ilmu Komputer Judul : Dampak Enterprise Architecture Management (EAM) terhadap Manfaat Bisnis yang Diterima melalui Manfaat Teknologi Informasi (TI) pada Perusahaan di Indonesia Arsitektur enterprise merupakan suatu landasan organisasi yang terdiri dari komponen-komponen, hubungan antar komponen tersebut, hubungan antar komponen dengan lingkungan dan prinsip-prinsip yang digunakan dalam mengelola perancangan sistem tersebut dan evolusinya. Perkembangan arsitektur enterprise yang pesat dan pentingnya arsitektur enterprise membuat banyak perusahaan di seluruh dunia memutuskan untuk menerapkan arsitektur enterprise untuk mendukung proses bisnis yang dijalankannya. Namun tidak semua organisasi mendapatkan manfaat yang dijanjikannya, karena bergantung pada manajemen arsitektur enterprise yang dijalankan oleh organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari keterkaitan antara komponen manajemen arsitektur enterprise atau enterprise architecture management (EAM) dan dampaknya terhadap manfaat TI maupun manfaat bisnis. Terdapat 4 manfaat TI yang diamati yaitu efisiensi TI, fleksibilitas TI, ketersediaan informasi, keselarasan strategis dan 4 manfaat bisnis yang diamati yaitu keunggulan operasional, kedekatan konsumen, kepemimpinan produk dan kecerdasan strategis. Penelitian ini dilakukan secara kuantitatif dengan melibatkan 92 sampel yang terdiri dari perusahaan BUMN dan BUMS yang diolah dengan menggunakan pendekatan partial least square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa EAM terbukti memberikan pengaruh positif terhadap manfaat terkait teknologi terutama pada efisiensi dan keselarasan strategis, manfaat terkait teknologi terbukti pengaruh positif terhadap manfaat terkait bisnis terutama ketesediaan informasi terhadap kedekatan konsumen dan kepemimpinan produk, serta EAM terbukti memberikan pengaruh positif terhadap manfaat bisnis melalui manfaat TI terutama dalam keunggulan operasional dan kecerdasan strategis. Hal ini sekaligus membuktikan bahwa manajemen arsitektur enterprise mampu meningkatkan kinerja bisnis melalui peningkatan kinerja TI. Kata kunci: enterprise architecture (EA), enterprise architecture management (EAM), komponen EAM, manfaat arsitektur enterprise, manfaat bisnis, manfaat teknologi informasi (TI).