Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number SK-1466 (Softcopy SK-948)
Collection Type Skripsi
Title Faktor-faktor yang dapat membangun reputasi penjual di C2C e-marketplace di Indonesia
Author Niea Kurnia Fajar;
Publisher Depok: Fakulas Ilmu Komputer UI, 2016
Subject
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SK-1466 (Softcopy SK-948) TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 43525
ABSTRAK Nama : Niea Kurnia Fajar Program Studi : Sistem Informasi Judul : Faktor-Faktor yang Dapat Membangun Reputasi Penjual di C2C E-marketplace di Indonesia Adanya ketidakpastian mengenai informasi produk saat berbelanja online menyebabkan munculnya informasi asimetris dari para pembeli. Munculnya informasi asimetris ini mengakibatkan seorang penjual perlu memiliki kemampuan untuk menyampaikan informasi produk dengan baik agar reputasi di mata pelanggan dapat meningkat. Reputasi merupakan sebuah aset berharga yang perlu dimiliki seorang penjual. Dengan adanya reputasi, seorang penjual akan lebih percaya diri dalam melakukan transaksi jual beli. Untuk itu, isu utama yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah mengidentifikasi faktor-faktor yang dapat membangun reputasi penjual di C2C e-markeplace di Indonesia. Dengan melakukan tinjauan literatur dari penelitian terdahulu serta konfirmasi kepada 7 penjual berpengalaman (berpengalaman selama 2 tahun dan memiliki tingkat reputasi yang cukup tinggi), penelitian ini berhasil mengidentifikasi 16 faktor yang kemudian dikelompokkan menjadi 5 kategori value chain (inbound logistics, outbound logistics, marketing and sales, services, dan firm infrastructures). Selanjutnya dengan menggunakan kuesioner, penelitian ini mengumpulkan penilaian dari 12 responden penjual di C2C e-marketplace untuk memberikan bobot pada masing-masing kategori dan faktor berdasarkan tingkat kepentingannya. Pengolahan data kuesioner ini dilakukan dengan menggunakan metode fuzzy AHP untuk menentukan bobot dari masing-masing kategori dan faktor. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pemeringkatan kategori pada level tertinggi adalah marketing and sales dan services. Selanjutnya, skor global faktor pada level tertinggi adalah customer services, after sales services, dan kualitas produk. Kata Kunci: C2C e-marketplace, Reputasi, Value Chain, Fuzzy AH