Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number SK-1487 (Softcopy SK-969)
Collection Type Skripsi
Title Analisis efektivitas iklan personalisasi produk e-commerce di media sosial dan pengaruhnya terhadap keinginan membeli secara impulsif
Author Virda Setyani;
Publisher Depok: Fakultas Ilmu Komputer, 2016
Subject
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SK-1487 (Softcopy SK-969) TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 43578
ABSTRAK Nama : Virda Setyani Program Studi : Sistem Informasi Judul : Analisis Efektivitas Iklan Personalisasi Produk E-Commerce di Media Sosial dan Pengaruhnya terhadap Keinginan Membeli Secara Impulsif Berkembangnya bisnis e-commerce dengan pesat membuat para pelakunya harus bertahan dengan melakukan berbagai strategi pemasaran. Salah satu cara yang marak digunakan adalah menggunakan iklan personalisasi di media sosial. Iklan personalisasi adalah iklan yang telah disesuaikan dengan preferensi dan minat penggunanya. Penelitian terdahulu lebih banyak yang menganalisis hubungan personalisasi dengan intensitas pembelian. Namun hanya sedikit yang membahas keterkaitannya dengan keinginan membeli secara impulsif padahal 40% pembelian online terjadi secara impulsif. Keinginan membeli secara impulsif adalah terjadinya desakan untuk membeli secara tiba-tiba karena adanya stimulus tertentu. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara efektivitas iklan personalisasi dengan keinginan membeli secara impulsif. Efektivitas diukur melalui perceived informativeness, credibility, creativity, entertainment, dan incentive. Keterkaitan antara efektivitas iklan personalisasi dan keinginan membeli secara impulsif dijelaskan melalui dorongan motivasi utilitarian dan hedonic. Motivasi utilitarian berfokus pada tujuan spesifik sementara hedonic mementingkan kepuasan emosional. Analisis data dilakukan menggunakan metode SEM dengan 812 data. Berdasarkan analisis dengan AMOS 22, penelitian ini berhasil mengkonfirmasi hubungan efektivitas iklan personalisasi terhadap keinginan membeli secara impulsif. Hasil menunjukkan bahwa personalisasi paling besar mendorong perceived informativeness pada pengguna. Selain itu, informativeness berpengaruh paling kuat terhadap utilitarian dan creativity memiliki pengaruh terbesar pada hedonic. Kemudian motivasi utilitarian dan hedonic juga dikonfirmasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keinginan membeli secara impulsif. Kata kunci: E-Commerce, Iklan Pesonalisasi, Media Sosial, Efektivitas Iklan, Motivasi Utilitarian, Motivasi Hedonic, Impulsif, Keinginan Membeli