Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number KA-947 (Softcopy KA-942) MAK KA-604
Collection Type Karya Akhir (KA)
Title Analisis faktor-faktor yang memengaruhi penerimaan mobile banking di indonesia
Author Ulil Amri Kamili;
Publisher Jakarta : Program Studi Magister Teknologi Informasi Fasilkom UI, 2017
Subject Acceptance model
Location FASILKOM-UI-MTI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
KA-947 (Softcopy KA-942) MAK KA-604 Ind TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 44417
Perkembangan teknologi mengakibatkan munculnya satu tren terbaru dalam dunia perbankan, yakni digital banking. Salah satu model pemanfaatan digital banking adalah dengan menggunakan channel mobile, atau dikenal dengan mobile banking. Definisi mobile banking pada penelitian ini adalah layanan atau aplikasi perbankan berbasis perangkat mobile untuk menjalankan berbagai transaksi finansial. Saat ini, mobile banking telah banyak ditawarkan oleh perbankan di Indonesia sebagai salah satu layanan perbankan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti faktorfaktor yang memengaruhi nasabah perbankan Indonesia dalam menerima layanan mobile banking. Model penelitian dirancang dengan menggunakan beberapa teori penerimaan, yakni Technology Acceptance Model (TAM), Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT), Internet Banking Usage Model (IBUM) dan DeLone and McLean Information System Success Model, serta beberapa penelitian sebelumnya yang relevan. Metode pengolahan data dilakukan dengan pendekatan Structural Equation Modeling (SEM) menggunakan bantuan perangkat lunak AMOS v22 sebagai. Proses pengumpulan data memperoleh responden penelitian sebanyak 441 responden, dimana data yang valid sebanyak 440 data. Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data, terdapat empat faktor yang secara memengaruhi niat untuk menggunakan mobile banking. Keempat faktor tersebut adalah perceived risk, compatibility, perceived usefulness dan service quality.