Named Entity Recognition for Product Descriptions in Indonesian E-commerce Platform
Author
Publisher
Depok: Fakultas Ilmu Komputer, 2017
Subject
Location
FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil
ID Koleksi
Status
Tidak ada review pada koleksi ini: 44997
ABSTRAK
Nama : Muhammad Rif’at
Program Studi : Ilmu Komputer
Judul : Pengenalan Entitas Bernama pada Deskripsi Produk Ecommerce
di Indonesia
Deskripsi dari produk-produk yang dijual di perusahaan e-commerce mengandung
beragam informasi yang terdiri dari berbagai atribut. Atribut-atribut tersebut dapat
digunakan untuk berbagai keperluan, seperti peningkatan sistem rekomendasi dan
entity resolution untuk produk. Pada penelitian ini dilakukan ekstraksi atribut
terhadap deskripsi produk e-commerce di Indonesia secara fine-grained. Permasalahan
ekstraksi atribut ini dapat dipandang sebagai sequence labeling. Hasil
terbaik pada penelitian ini ditunjukkan oleh kombinasi fitur word embedding, fitur
orthographic, fitur posisi, fitur kamus atribut, fitur kamus bahasa, dan fitur kategori
produk, dengan ukuran context window 1. Terdapat 13 atribut umum dan beberapa
atribut spesifik yang diekstrak pada penelitian ini. Hasil eksperimen untuk ekstraksi
terhadap tiga atribut utama (brand, name, dan type) memiliki nilai F measure 45%
(full matching) dan 70.9% (partial matching), sedangkan hasil eksperimen untuk
ekstraksi terhadap seluruh atribut memiliki nilai F measure 48.05% (full matching)
dan 68.34% (partial matching). Berdasarkan hasil tersebut, performa ekstraksi
terhadap seluruh atribut lebih baik daripada hasil ekstraksi terhadap tiga atribut
utama saja.
Kata Kunci:
e-commerce, deskripsi produk, ekstraksi atribut, fine-grained, sequnce labeling
vii