Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number KA-1009 (Softcopy KA-1008) MAK KA-659
Collection Type Karya Akhir (KA)
Title Pola pelanggan potensial dalam kesuksesan penawaran cross-sell dengan penerapan data mining: studi kasus PT Homecredit Indonesia
Author Rian Yusran;
Publisher Jakarta : Program Studi Magister Teknologi Informasi Fasilkom UI, 2017
Subject Data mining
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
KA-1009 (Softcopy KA-1008) MAK KA-659 Ind TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 45079
PT Homecredit Indonesia adalah sebuah perusahaan pembiayaan untuk produk elektronik dan furnitur. Nasabah yang sudah pernah mengajukan kredit elektronik atau furnitur akan ditawari juga produk pinjaman tunai tanpa agunan (cross-selling). Metode penawaran cross-sell sekarang ini masih sederhana yaitu dengan memilih nasabah yang sudah melewati enam kali cicilan dengan lancar. Namun, tingkat kesuksesan penawaran cross-sell masih rendah. Penelitian ini mencoba mencari model untuk memprediksi nasabah yang potensial untuk membeli produk cross-sell ini. Penelitian ini menggunakan metodologi CRISP-DM. Penelitian ini menggunakan Customer Lifetime Value (LTV) sebagai pembentuk fitur. Algoritma klasifikasi yang diuji adalah bayesian network, decision tree, support vector machince, dan neural network. Evaluasi terhadap model yang dihasilkan menggunakan confussion matrix dan area under ROC Curve. Hasil validasi silang pengujian model menggunakan data pelatihan tanpa modifikasi menunjukkan bahwa algoritma decision tree memiliki akurasi paling tinggi, sedangkan AUC tertinggi didapat oleh algoritma bayesian network