Call Number | SK-0481(Source Code SK-62) |
Collection Type | Skripsi |
Title | Modul histoby dan forum diskusi pada web-based concept mapping/ Achmad Bachtiar |
Author | Achmad Bachtiar,; |
Publisher | Depok: Fasilkom UI, 2002 |
Subject | |
Location | FASILKOM-UI; |
Nomor Panggil | ID Koleksi | Status |
---|---|---|
SK-0481(Source Code SK-62) | 02/9523 | TERSEDIA |
Concept mapping mindtools merupakan diagram dua dimensi yang mempresentasikan ide atau konsep dan hubungan antar konsep tersebut yang terorganisasi membentuk suatu pola sebagai representasi dari pengetahuan. Di dalamnya terdapat nodes yang menggambarkan ide (konsep) dan link yang menunjukkan relasi (hubungan) antar konsep. Siswa dapat menjadikan concept mapping sebagai alat bantu belajar dengan cara menggambarkan ide yang dimilikinya tentang konsep ke dalam bentuk diagram. Sedangkan pengajar membuat concept mapping untuk menuntun siswa dan berbagai bahan membanding bagi siswa dalam menyusun suatu concept mapping. Dalam penyusunan concept mapping, dapat melakukan perubahan dan modifikasi atas concept mapping yang telah dibuat sebelumnya. Hal ini berkaitan dengan semakin bertambahnya pengetahuan siswa tentang suatu konsep. Modul history merupakan pencatatan atas skema cocept mapping yang dibuat oleh siswa. Hasil pencatatan ini digunakan oleh pengajar untuk melakukan pemantauan dan evaluasi terhadap pembentukan dan perkembangan pengetahuan siswa melalui skema concept mapping yang disusun oleh siswa. Sedangkan siwa dapat memantau perubahan concept mapping yang dibuatnya sendiri, sehingga siswa dapat diperbaiki kekurangan atau kesalahan yang dibuat pada concept mapping sebelumnya. Tugas akhir ini mengimplementasikan modul history untuk menyediakan fasilitas pencatatan atas skema concept mapping yang dibuat oleh siswa. Pencatatan tersebut dilakukan ke dalam sebuah basis data yang terletak pada sebuah server. Untuk menunjang cara belajar kolaboratif, dalam tugas akhir ini diimplementasikan pula sebuah forum diskusi. Melalui forum diskusi ini siswa dapat bertanya, memberikan masukan dan saling bertukar pikiran mengenai suatu konsep. Sedangkan pengajar dapat memberikan arahan dan pengertian yang lebih jelas mengenai suatu konsep kepada siswa.