Bibliografi
Barcode
Pengarang
Supikoh;
Judul English
Tim penguji 3
No. Induk
Tim Penguji 6
Tim Penguji 7
Tim penguji 4
Timpenguji 2
Keterangan
Tim Penguji 5
Kata Kunci
Company Merger; Business Process Improvement: Card Management System: Cardio
Pembimbing 3
Pembimbing 2
Beny Ranti
Tahun buku
2007
Barcode RFID baru
11654546
Progam Studi
Magister Teknologi Informasi (MTI)
Tahun Angkatan
2003
Tim penguji 1
Lokasi
FASILKOM-UI;
Tanggal Datang
12/02/2007
Lulus semester MTI
Abstrak Indonesia
ABSTRAK Pada tahun 2003 Indosat melakukan penggabungan antara Indosat, Satelindo dan IM3 (Indosat MultiMedia Mobile), sehingga sumber daya yang dimiliki Indosat menjadi semakin banyak. Penggabungan ini menyebabkan Indosat merubah visi perusahaan yaitu menjadi menjadi penyelenggara jaringan dan jasa telekomunikasi terpadu yang mempunyai fokus pada bidang telekomunikasi seluler/nirkabel, sehingga semua kebijakan perusahaan diarahkan untuk menjadi perusahaan penyelenggara telepon seluler yang dapat memberikan jasa dan pelayanan yang terbaik bagi pelanggannya. Salah satu kebijakan yang diambil Indosat adalah melakukan peningkatan fungsi back office. ( Dokumentasi perusahaan Indosat tentang restrukturisasi, 2006: 1). Salah satu fungsi back office adalah aspek yang terkait dengan proses aktivasi pelanggan baru yang menyangkut kesiapan Starter Pack (SP) dan voucher untuk dapat digunakan oleh pelanggan tanpa mengalami hambatan. Kemudahan pelanggan untuk mendapatkan SP dan voucher merupakan hal penting yang menjadi perhatian bagi perusahaan dalam rangka meningkatkan pangsa pasarnya. Divisi Card Management merupakan divisi yang bertanggung jawab terhadap ketersediaan SP dan voucher di pasar. Jenis produk yang dikelola oleh divisi Card Management adalah Matrix, Mentari, Smart dan StarOne, dimana Matrix merupakan pelayanan telekomunikasi seluler pasca bayar, sedang Mentari, Smart dan StarOne merupakan pelayanan telekomunikasi seluler prabayar. Sebelum penggabungan perusahaan Sistem Informasi yang mengatur pengelolaan SP dan voucher untuk Mentari adalah Cardio, sedang Smart dikelola oleh CIS (Card Information System). Setelah penggabungan Indosat menetapkan kebijaksanaan untuk menggunakan Cardio sebagai sistem informasi yang akan mengelola SP dan voucher untuk produk Mentari dan Smart. Hal ini membutuhkan kajian untuk melakukan perbaikan proses bisnis pengelolaan SP dan voucher dengan memanfaatkan Cardio. Analisis proses bisnis diawali dengan pemetaan proses bisnis yang sedang berjalan, kemudian menganalisa kemungkinan perbaikan yang dapat dilakukan. Perbaikan proses bisnis pada divisi Card Management dibantu dengan penggunaan sistem informasi yang ada yaitu Cardio, dengan melakukan penambahan modul Inventory Management System, Distribution Management System dan beberapa fitur yang terdapat Production Management System. Dari hasil simulasi diperoleh manfaat setelah terjadi perbaikan proses bisnis pada fungsi card management, yaitu terjadi penurunan waktu pemakaian sumber daya sebesar 41,74% dan biaya pemakaian sumber daya sebesar 40,69%, sehingga jumlah voucher yang dapat disalurkan dalam 1 kuartal meningkat dari 67 juta menjadi 96 juta dan jumlah SP (starter pack) dari 2,3 juta menjadi 3,2 juta. Kata Kunci : Penggabungan Perusahaan, Perbaikan Proses Bisnis, Card Management System, Cardio
Daftar Isi
Judul
Analisis, pemodelan dan perbaikan proses bisnis pengelolaan starter pack dan voucher: studi kasus pada divisi card management Indosat [Analysis, Modelling and Business Process Improvement of starter pack and voucher Management: case study at card management division indosat)
Tgl Pemasukan
12 Februari 2007
Asal
MTI
NPM
7203012262
Abstrak English
In 2003, Satelindo and IM3 (Indosat Multi Media Mobile) has been merged to Indosat with the main objective was to increase Indosat's resources. The merging has changed Indosat company vision to network and enchanced telecommucation service provider focusing on cellular telecommunication. Entire company policies are directed towards cellular phone provider company which provides best customer-oriented service. Enhancement of back office function is one of the policies Indonesat applies. One of the back office functions is an aspect connected with the activation process of new customers which involves the starter pack and voucher readiness in order to e used by customers without having obstacles. Customer's convienience in acquiring SP (Starter Pack) and voucher at ease is the most important attention for the company to increase the market outlook. Card Management division is a division responsible for SP anmd voucher availability in the market. Card Management division supervises products: Matrix, Mentari, Smart and Star One, whereby Matrix is postpaid cellular service and Mentari, Smart and StarOne are prepaid cellular service. Mentari SP and voucher was previously managed by cardio, while Smart was managed by CIS (Card Information System0. After the merging, Indonsat decided to use Cardio as the system responsible for both Mentari and Smart SP and voucher. Using Cardio, a study was carried out to improve SP and voucher business processes. Businesss process analysis begins with the mapping of on-going business process, then Indosat searches for feasible improvement possibilities. The business process improvement at Card management division is assisted by the use of existing information system that is Cardio, by doing additional Inventory Management System Module, Distribution Management System Module and some features within Production Management System. Simulation result indicated that, there are business process improvement on card management function, 41,74% decrease of resource time consumption and 40.69% of resource cost, as well as an increase of voucher quarterly distributed from 67 million to 96 million and number of SP from 2.3 million to 3.2 million. Keywords: Company Merger : Business PRocess Improvement; Card Management System ; Cardio
Subjek
Management system report
Penguji 2
Penguji 3
Penguji 4
Pembimbing 1
Widijanto S. Nugroho
Fisik
xii+80 pages: il.+ Lamp.:29 cm.
Bahasa
Indonesia
Lulus Semester
Penerbitan
Jakarta: Pascasarjana MTI, 2007
Penguji 1
No. Panggil
T-0566 (Softcopy T-235)