Pelaksanaan KP
29 Januari 2007 - 21 April 2007 (12 minggu)
Bibliografi
Barcode
0322120000927608
Pengarang
Albert Kurniawan;
Cat. Karya
Email Penyelia
dollysaleh@bakrietelecom.com
Alamat Kantor
Wisma Bakrie JL. H.R. Rasuna Said Kav. B-1 Jakarta Selatan 12920 - Indonesia
No. Induk
Telepon Kantor
+62 21 910 112
Website Kantor
Kata Kunci
Kantor
PT Bakrie Telecom Tbk
Pembimbing 2
R. Yugo Kartono Isal
Tahun buku
2007
Progam Studi
Sistem Informasi
Lokasi
FASILKOM-UI;
Tanggal Datang
07/08/2007
Abstrak Indonesia
PT Bakrie Telecom, Tbk. merupakan sebuah perusahaan yang bergerak pada bidang telekomunikasi dengan menawarkan layanan telekomunikasi dengan teknologi CDMA (Code Division Multiple Access) kepada masyarakat Indonesia. Salah satu produk andalan yang dihasilkan PT Bakrie Telecom, Tbk. adalah Esia. Esia merupakan operator penyedia layanan telekomunikasi telepon selular dan SMS (Short Message Service). Pada saat ini pengguna produk Esia di masyarakat semakin berkembang. Namun perkembangan itu diikuti pula dengan perkembangan kejahatan atau penipuan (fraud) di dunia telekomunikasi telepon selular. Contoh fraud yang sangat mungkin terjadi adalah Directory Number (DN) Cloning Fraud, SMS Fraud, Suspicious Fraud, Long Duration Fraud, Loyalty Fraud, Automatic Unknown DN Fraud, serta Realtime Credit Limit Post Paid Fraud. Sebenarnya PT Bakrie Telecom, Tbk. telah memiliki sistem untuk mengantisipasi, mendeteksi, maupun mengatasi fraud yang mungkin terjadi tersebut. Sistem tersebut diberi nama FMS (Fraud Management System). Namun keberadaan FMS tersebut dinilai masih memliliki kerterbatasan untuk dapat mengatasi fraud secara optimal. Maka dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan akan sistem pengantisipasi, pendeteksi, maupun penanggulangan fraud yang optimal, yang tak lain tujuan akhirnya adalah untuk menjamin pemasukan (revenue) bagi perusahaan, dibuatlah sebuah sistem yang dinamakan RAS (Revenue Assurance System) yang merupakan pengembangan dari FMS yang telah ada sebelumnya. Selain membahas ketujuh fraud tersebut, pada laporan kerja praktik kali ini juga dibahas mengenai proses optimasi basis data serta pembuatan laporan rekapitulasi semua proses pendeteksian fraud yang dalam bentuk Statistic Volume CDR. Laporan kerja praktik ini mencakup semua kegiatan yang dilakukan penulis selama proses kerja praktik, dimulai dari proses analisis
Daftar Isi
Cat. Umum
Judul
Revenue assurance system (RAS) PT Bakrie Telecom, Tbk
Tgl Pemasukan
Asal
Korporasi
NPM
1203000102, 1203000137, 1203001079, 1203001168, 1202001121)
Telpon Penyelia
Pengarang 2
Haqqu, Angga Bariesta; Mahendra, Sukma; Ariawan, Yudi; Zulkifli
Subjek
Penyelia
Dolly Saleh Setiono S.
Pembimbing 1
R. Yugo K. Isal
Fax Kantor
+62 21 911 8888
Fisik
xxii, 192 hlm. + lamp.; 30 cm.
Bahasa
Ind
Penerbitan
Depok: Fasilkom UI, 2007
No. Panggil
KP-0845 (Softkopi KP-0412) (SCKP-0270)