Pelaksanaan KP |
22 Juni 2009 s/d 08 Agustus 2009 |
Bibliografi |
Barcode |
Pengarang |
Dian Seprina; |
Cat. Karya |
Email Penyelia |
tjahjono@pertamina.com |
Alamat Kantor |
Jl. Puteri Tujuh Dumai-Riau 28813 |
No. Induk |
Telepon Kantor |
(0765) 31224 |
Website Kantor |
www.pertamina.com |
Kata Kunci |
Kantor |
PT. Pertamina (PERSERO) UP II Dumai |
Pembimbing 2 |
Rahmat M. Samik-Ibrahim |
Tahun buku |
2009 |
Barcode RFID baru |
11636567 |
Progam Studi |
Lokasi |
FASILKOM-UI; |
Tanggal Datang |
15/02/2010 |
Abstrak Indonesia |
Dalam pelaksanaan Kerja Praktik, pelaksana mendapatkan kesempatan bekerja di PT. Pertamina (Persero) RU II Dumai. Kerja Praktik KP yang dilakukan adalah mengembangkan sebuah Sistem Fasilitas Umum (SiFasUm) yang diharapkan dapat membantu mempermudah proses birokrasi karyawan Pertamina dalam melakukan permintaan dan perbaikan terhadap fasilitas yang disediakan oleh perusahaan. Dalam perkuliahan, mata kuliah yang sangat bermanfaat dalam pengerjaan Kerja Praktik KP pelaksana adalah Proyek Perangkat Lunak dan Basis Data. Namun, pada saat pelaksanaan KP ada ketidaksesuaian dengan apa yang dipelajari disaat perkuliahan, yakni pihak tempat KP tidak meminta dibuatnya user manual, tetapi hanya diminta untuk melakukan demo terhadapa sistem yang telah dikerjakan. Selama kerja praktik terdapat beberapa kendala yang dihadapi oleh pelaksana. Kendala dialami pada saat pengumpulan requirement dari kepala staf fasilitas umum, dikarenakan kesulitan dalam menyesuaikan jadwal pertemuan. Selain itu, komunikasi yang kurang lancar antara pelaksana dengan penyelia KP dalam membicarakan progress sistem yang dikerjakan. Dalam mengatasi kendala tersebut pelaksana mendapat bimbingan dan bantuan dari Bapak Fadhilah Helmi yang bertugas sebagai Asisten Dukungan Aplikasi dalam mengumpulkan requirement yang dibutuhkan dalam pengerjaan sistem. Jika pelaksana diberikan kesempatan kerja praktik, pelaksana ingin dapat mengerjakan SiFasUm dengan baik serta berusaha melakukan pertemuan rutin baik dengan penyelia maupun dengan klien agar nantinya sistem yang dibuat sesuai dengan kebutuhan. Dalam pelaksanaan kerja praktik ini, pelaksana mendapatkan pengalaman kerja yang tidak diajarkan di perkuliahan. Karyawan perusahaan yang ramah dan bersedia membantu pelaksana ketika mengalami kesulitan serta suasana ruangan yang nyaman mendukung pelaksana untuk dapat lebih berkonsentrasi dalam melakukan pengerjaan sistem sehingga pelaksanaan kerja praktiknya dapat berjalan dengan lancar. |
Daftar Isi |
Cat. Umum |
Judul |
Pengembangan sistem fasilitas umum di PT Pertamina (PERSERO) RU II |
Tgl Pemasukan |
Asal |
Korporasi |
NPM |
Telpon Penyelia |
081371842309 |
Pengarang 2 |
Subjek |
Penyelia |
Bpk. Tjahjono |
Pembimbing 1 |
Rahmat M. Samik-Ibrahim |
Fax Kantor |
(0765) 31532 |
Fisik |
halaman tidak beraturan, 30 cm. |
Bahasa |
Ind |
Penerbitan |
Depok: Fasilkom UI, 2009 |
No. Panggil |
KP-1061 (Softkopi KP-625) SCKP-402 |