Bibliografi |
|
Pengarang |
Iik Wilarso; |
Barcode |
|
Tim penguji 3 |
|
No. Induk |
|
Tim Penguji 6 |
|
Tim Penguji 7 |
|
Tim penguji 4 |
|
Timpenguji 2 |
|
Tim Penguji 5 |
|
Kata Kunci |
Higher Education capability & Maturity model, quality assurance, quality assessment based on process. |
Pembimbing 3 |
|
Pembimbing 2 |
T. Basaruddin |
Tahun buku |
2011 |
Progam Studi |
Magister Teknologi Informasi (MTI) |
Tahun Angkatan |
2007 |
Tim penguji 1 |
|
Lokasi |
FASILKOM-UI-MTI; |
Tanggal Datang |
10/02/2011 |
Lulus semester MTI |
Gasal 2010/11 |
Abstrak Indonesia |
ABSTRAK
Penilaian terhadap kualitas pendidikan di perguruan tinggi umumnya didasarkan atas
dokumen hasil (result) proses penyelenggaraan pendidikan (document-based), yang
didukung dengan pengamatan sesaat pada pelaksanaan proses pendidikan yang
berjalan saat itu. Penilaian terhadap kualitas pendidikan di perguruan tinggi yang
didasarkan atas pengamatan proses pelaksanaan pendidikan yang utuh (processbased)
masih belum dikembangkan. Penilaian yang process-based sangat diperlukan
untuk penjaminan mutu internal perguruan tinggi
Penelitian dalam thesis ini, berusaha membangun satu model penilaian kualitas
proses pendidikan di perguruan tinggi, yang disebut HE-CMM (Higher Education
Capability and Maturity Model), dengan mengadopsi dan memodifikasi Capability
and Maturity Model (CMM) yang dikembangkan oleh Software Engineering
Institute Carnegie Mellon University (SEI-CMU). Alasan yang mendasarinya adalah
(1) adanya kemiripan (similarity) antara proses bisnis pendidikan dengan proses
bisnis pembangunan perangkat lunak dan (2) telah ada upaya untuk mengadopsi
CMM untuk digunakan di perguruan tinggi. HE-CMM mengadopsi dan memodifikasi
18 area proses dan membangun 5 area proses baru.
Framework HE-CMM ini diuji dengan studi kasus dan expert judgement beberapa
orang expert yang berpengalaman dalam pengelolaan proses pendidikan di perguruan
tinggi. Hasil pengujian tersebut menyatakan bahwa HE-CMM dapat digunakan
sebagai langkah awal pembangunan framework untuk penilaian proses pendidikan di
perguruan tinggi. Masih diperlukan serangkaian penelitian lanjutan agar HE-CMM
dapat diimplementasikan dengan baik.
Kata kunci: Higher Education Capability & Maturity Model, Penjaminan Mutu,
Penilaian kualitas berbasiskan proses. |
Barcode Baru - UI |
T-0935/ Sof.T-0588 |
Judul |
Adopsi dan Modifikasi CMM for Software untuk penilaian kualitas proses pendidikan di Perguruan Tinggi |
Tgl Pemasukan |
09 Februari 2011 |
NPM |
0706308143 |
Abstrak English |
Quality assessment in higher educaation is generally based on the output document * result) of the education process (document-based), which is supported by snapshot observation on the implementation of the on going educational process. Currently, process-based quality assessment is still not yet developed. Nevertherless process-based assessment is necessary for quality assurance of internal higher education. The conducted research in this thesis is building a model of quality assessment in higher education process, called HE-CMM (Higher Education and Capability Maturity Model)l by adopting and modifying the Capability and Maturity Model (CMM) developed by The Software Engineering Institute Carnegie Mellon University (SEI-CMU). THe underlying reasons are (1) similarity between the education business process and business process of softwar development, (2) no intention to adopt the CMM for higher education. HE-CMM adopt and modify the 18 process areas and build 5 new process areas. The HE-CMM framework was tested to a case study, followed by expert judgment from several experts that had experienced in the management process of higher education. The results says that HE-CMM can be used as the initial step of framework development for the higher education assessment process. It is still required a series of further research for the proposed HE-CMM in order to be implement properly. |
Subjek |
Capability Maturity Model-Integrated (Computer software) |
Penguji 2 |
Heru Suhartanto |
Penguji 3 |
|
Penguji 4 |
|
Pembimbing 1 |
Eko Kuswardono Budiardjo |
Fisik |
xiv + 102 hlm;il. + figure (gbr.) + tabel + lampiran |
Bahasa |
Indonesia |
Lulus Semester |
|
Penerbitan |
Jakarta: Pascasarjana MTI UI, 2011 |
Penguji 1 |
Budi Yuwono |
No. Panggil |
T-0937 (Softcopy T-0590) |