Barcode |
Pengarang |
Rinto Priambodo; |
No. Induk |
Kata Kunci |
Perilaku Pengguna, Jejaring Sosial Online, Aplikasi Telepon Seluler |
Pembimbing 3 |
Pembimbing 2 |
Penerbit |
Jakarta : Program Studi Magister Teknologi Informasi Fasilkom UI, 2011 |
Barcode RFID baru |
11725625 |
Progam Studi |
Magister Teknologi Informasi |
Tahun Angkatan |
2009 |
Lokasi |
FASILKOM-UI; |
Lulus semester MTI |
Genap 2010/11 |
Abstrak Indonesia |
Sebuah produk aplikasi telepon seluler yang memiliki akses ke layanan jejaring sosial online seperti Facebook dan Twitter telah dipasarkan sejak tahun 2009 dengan sistem berlangganan untuk akses datanya. Hingga akhir tahun 2010 jumlah penggunanya telah meningkat tajam hingga mencapai lebih dari dua juta pendaftar. Namun meskipun jumlah pengguna yang telah terdaftar tersebut tinggi, jumlah pengguna aktif yang tiap bulannya melakukan perpanjangan masa berlangganan setelah melewati masa promosi di bulan pertama jauh lebih rendah, yaitu hanya sekitar 300 ribu pengguna. Kondisi ini menimbulkan pertanyaan bagi pengelola produk layanan tersebut. Bagaimana pola perilaku pengguna layanan tersebut? Karya akhir ini merupakan hasil dari sebuah penelitian yang dilakukan untuk melihat bagaimana pola perilaku pengguna jejaring sosial online yang menggunakan aplikasi ini. Penelitian ini memanfaatkan data yang dikumpulkan dari profil pengguna layanan dan catatan penggunaan layanan dari penyedia layanan. Hasilnya adalah pola perilaku pengguna layanan berupa statistik deskriptif dari aktifitas pengguna layanan dan profil pengguna layanan. Dari hasil tersebut antara lain ditemukan bahwa perilaku pengguna jejaring sosial online berbasis telepon seluler memiliki kesamaan dengan perilaku pengguna jejaring sosial online pada umumnya namun memiliki karakteristik pengguna mobile seperti jarak antar sesi yang berdekatan dan peluang kemunculan durasi sesi yang cukup panjang. Hasil dari penelitian ini dapat menjadi rekomendasi bagi penyedia layanan untuk menentukan strategi pengembangan dan peningkatan kualitas layanan jejaring sosial yang dimiliki dan juga menjadi referensi bagi pengembangan layanan serupa. |
Judul |
Pola perilaku pengguna layanan jejaring sosial online berbasis telepon seluler |
Tgl Pemasukan |
27 Juli 2011 |
NPM |
0906656676 |
Abstrak English |
Mobile application providing access to some Online Social Network (OSN) services like Facebook and Twitter had been launch bundled with a data access subscription plan. At the end of 2010, the user of the application increase significantly to more than two millions subscribers while the number of active users grew slowly for only about 300.000 users per month. This research was conducted to see how the user use the OSN application. This research utilized the data collected from user’s profile, transaction log and activity log from the service provider. The result was then analyzed using descriptive statistics to discover the pattern of user’s behavior of the mobile online social network application. We found that user’s behavior of mobile online social network service was almost the same as other online social network service users but with special characteristics since mobile users tend to have close session-to-session interval and might have longer session duration. This study will give the service provider recommendation to define better strategy for future development and improvement. The result can also be a reference for another similar research on mobile online social network application in the future. |
Tahun |
2011 |
Subjek |
Online Social Network |
Penguji 2 |
Muhammad Rifki Shihab |
Penguji 3 |
Pembimbing 1 |
Riri Satria |
Fisik |
xiii, 87 hlm. :ill, 30 cm |
Bahasa |
Indonesia |
Lulus Semester |
No. Panggil |
KA-210 (Softcopy KA-209) |
Penguji 1 |
Bob Hardian |