Barcode |
Pengarang |
Irhantoro Eko; |
No. Induk |
Kata Kunci |
business model canvas, bmc, chargeback, cost center, intrapreneurship, profit center |
Pembimbing 3 |
Pembimbing 2 |
Penerbit |
Jakarta : Program Studi Magister Teknologi Informasi Fasilkom UI, 2013 |
Barcode RFID baru |
11649322 |
Progam Studi |
Magister Teknologi Informasi |
Tahun Angkatan |
2010 |
Lokasi |
FASILKOM-UI-MTI; |
Lulus semester MTI |
Gasal 2012/13 |
Abstrak Indonesia |
Keberadaan TI di dalam perusahaan adalah hal yang penting. Perusahaan memandang bahwa ada nilai (value) yang diraih melalui penerapan solusi bisnis berbasis TI. Meskipun dianggap penting dan strategis, pada kenyataannya banyak perusahaan yang memandang organisasi TI mereka hanya sebagai unit bisnis yang bersifat sebagai cost center, dan bukan sebagai bagian yang ikut serta secara langsung mengalirkan pendapatan bagi perusahaan atau dengan kata lain sebagai profit center. Untuk melakukan perubahan organisasi TI dari cost center menjadi profit center bukanlah hal yang mudah. Ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian dan pertimbangan dalam melakukan kajian transformasi termasuk faktor-faktor yang mempengaruhi penerapannya, manfaat dan tantangan penerapannya, bagaimana model konseptual penerapannya, dan juga bagaimana proses transformasi itu sendiri dapat berlangsung. Penelitian ini akan membahas tentang model konseptual organisasi TI sebagai profit center. Konsep profit center untuk organisasi TI dapat dibangun melalui penerapan intrapreneurship di dalam organisasi TI dan adanya penetapan kebijakan IT chargeback. Pemetaan model konseptual organisasi TI sebagai profit center dilakukan dengan alat bantu Business Model Canvas (BMC), yang terdiri dari sembilan elemen, yaitu: customer segments, value proposition, channels, customer relationship, revenue stream, key resources, key activities, key partners, dan cost structure. Pemetaan dilakukan dengan membandingkan antara penerapan organisasi TI sebagai cost center dengan penerapannya sebagai profit center. Penelitian ini juga membahas aspek-aspek lain yang terkait dengan penerapan organisasi TI sebagai profit center, yaitu aspek manajemen, organisasi, sumber daya manusia, produk dan layanan, dan pemasaran. |
Judul |
Kajian untuk melakukan transformasi organisasi technologi informasi dari Cost Center Menjadi Profit Center |
Tgl Pemasukan |
01 Februari 2013 |
NPM |
1006800421 |
Abstrak English |
The presence of IT in the company is important. The company considers that there are values achieved through the implementation of IT-based business solutions. Although considered to be strategic and important, in fact, many companies are looking at their IT organizations as cost center not as part of business unit that gives revenue stream for the company or in other word as a profit center. It is not easy to transform the IT organization from a cost center into a profit center. There are some things to be considered in the assessment of the transformation including the factors that affect the implementation, benefits and challenges of implementation, how the conceptual model of the application, as well as how the process of transforming itself can take place. This study discusses the conceptual model of the IT organization as a profit center. The concept of a profit center for the IT organization can be built through the application of intrapreneurship within the IT organization and the establishment of IT chargeback policy. Mapping the conceptual model of the IT organization as a profit center is done with Business Model Canvas (BMC) which consists of nine elements which are customer segments, value propositions, channels, customer relationships, revenue streams, key resources, key activities, key partners, and cost structure. Mapping is done by comparing the implementation of the IT organization as a cost center and as a profit center. This study also discusses other aspects related to the implementation of the IT organization as a profit center including the aspects of management, organizational, human resources, products and services, and marketing. |
Tahun |
2013 |
Subjek |
Business model canvas |
Penguji 2 |
Riri Satria |
Penguji 3 |
Pembimbing 1 |
Benny Ranti |
Fisik |
xiii, 126 hlm. :ill, 30 cm |
Bahasa |
Indonesia |
Lulus Semester |
No. Panggil |
KA -346 (Softcopy KA-345) MAK KA-008 |
Penguji 1 |
Widijanto Satyo Nugroho |