Bibliografi
Barcode
Pengarang
Venezia Ryanka Sutrisno;
Cat. Karya
No. Induk
Pembimbing
Kata Kunci
Forecasting, irregular, simple moving average, single exponential smoothing
Pembimbing 3
Pembimbing 2
Indra Budi
Tahun buku
2013
Barcode RFID baru
11666505
Tahun Angkatan
2009
Progam Studi
SISTEM INFORMASI
Lokasi
FASILKOM-UI;
Tanggal Datang
01/08/2013
Abstrak Indonesia
Forecasting adalah salah satu metode data mining yang digunakan untuk meramalkan atau memperkirakan mengenai sesuatu yang belum terjadi. Pada dunia bisnis, forecasting biasa digunakan dalam menentukan keputusan bisnis untuk masa yang akan datang. Penelitian ini ingin menunjukkan implementasi forecasting untuk data penjualan organisasi yang bersifat irregular, dengan menggunakan dua metode forecasting yaitu simple moving average dan single exponential smoothing. Hasil forecasting kemudian divisualisasikan dalam bentuk dashboard. Penelitian ini menunjukkan secara umum metode single exponential smoothing memberikan prediksi yang lebih baik dibandingkan simple moving average dengan selisih nilai forecast error sebesar 18,62 untuk produk dan 20,46 untuk customer.
Daftar Isi
Cat. Umum
Judul
Analisis forecasting untuk data penjualan menggunakan metode simple moving average dan single exponental smoothing: studi kasus PT Guna Kemas Indah
Asal
Korporasi
NPM
0906564006
Abstrak English
Forecasting is one of data mining method that is used to predict or estimate something that has not happened. On the business world, forecasting often used to determine business decision for the future. This research would like to show the implementation of forecasting for sales data organization that is irregular, with the use of two methods of forecasting, which are simple moving average and single exponential smoothing. The forecasting result then visualized in dashboard form. This research shows in general, single exponential smoothing method provides better predictions than simple moving average with the difference between the value of forecast error of 18,62 for products and 20,46 for customers.
Pengarang 2
Subjek
Penguji 2
Erdefi Rakun
Penguji 3
Pembimbing 1
Fisik
xiii, 150 hlm. : ill.; 30 cm.
Bahasa
ind
Lulus Semester
Penerbitan
Depok: Fakultas Ilmu Komputer, 2013
Lulus semester SI
GENAP 2012/2013
Penguji 1
Ika Alfina
No. Panggil
SK-1161 Softcopy SK-643)