Pengarang |
Emny Harna Yossy; |
Barcode |
No. Induk |
Kata Kunci |
Mengukur Usability, Evaluasi Usability, Evaluasi Situs Web, Usability situs Web, Situs Web Perguruan Tinggi, Usability Nielsen, Akreditasi BAN-PT. |
Pembimbing 3 |
Pembimbing 2 |
Penerbit |
Jakarta : Program Studi Magister Teknologi Informasi Fasilkom UI, 2013 |
Barcode RFID baru |
11654476 |
Tahun Angkatan |
2010 |
Progam Studi |
Magister Teknologi Informasi |
Lokasi |
FASILKOM-UI; |
Lulus semester MTI |
Gasal 2012/13 |
Abstrak Indonesia |
Saat ini setiap universitas di Indonesia mencoba untuk mempromosikan prestasi dan keunggulan mereka yang didukung oleh website. Namun, banyak ditemukan website perguruan tinggi yang dikelola dengan seadanya tanpa memperlihatkan esensi ,inti, dan performa dari sebuah perguruan tinggi, Terdapat penilaian terhadap perguruan tinggi yang hanya didasarkan oleh penampilan dan isi dari website sebuah perguruan tinggi yang membuatnya mendapatkan rangking website terbaik. Hal tersebut akan menyebabkan ketidakakuratan penilaian untuk website perguruan tinggi yang tidak dikelola dengan baik. Dan hal ini banyak terjadi pada website-website yang dimiliki oleh perguruan tinggi.Oleh karena itu, studi ini mengusulkan sebuah kerangka untuk mengukur tingkat kegunaan dari situs-situs di universitas Indonesia yang dikembangkan oleh Nielsen’s Framework (2000). Penilaiannya akan dilakukan untuk kriteria learnability, efficiency, memoribility, errors, dan satisfaction. Hasil dari analisa menyatakan bahwa peringkat lima tertinggi website perguruan tinggi yang usable adalah Universitas Indonesia, Universitas Sriwijaya, Universitas Udayana, Universitas Maulana Malik Ibrahim Malang, dan Universitas Katolik Parahayangan, kemudian hasil tersebut dibandingkan dengan lima nilai akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional (BAN-PT) tertinggi adalah Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Sepuluh November dan Universitas Pendidikan Indonesia, sehingga dapat disimpulkan bahwa perguruan tinggi yang mempunyai nilai terbaik dalam penilaian akreditasi BAN-PT tidak serta merta memerlukan peringkat situs terbaik. |
Judul |
Pengembangan kerangka kerja pengukuran tingkat usability pada situs web perguruan tinggi di Indonesia |
Tgl Pemasukan |
10 Maret 2015 |
NPM |
1006800371 |
Abstrak English |
Nowadays every university in Indonesia tries to promotetheir achievements and excellence through their websites. However, there are many university’s website which are not properly managed, neither displaying quintessence, core, and performance of the university. There aresome university evaluation which are based solely by the appearance and content of the website of a university. This will cause an inaccurate assessment for university websites that are not managed properly and the impact is experienced by many universities. Therefore, this study proposes a framework for measuring the level of usability of university websites in Indonesia, which was developed by Nielsen's Framework (2000). The assessment is based on the criteria of learnability, efficiency, memoribility, errors, and satisfaction. The results of the analysis shows that the top five universities with higher usability are Universitas Indonesia, Universitas Sriwijaya, Universitas Udayana, Universitas Maulana Malik Ibrahim Malang, dan Universitas Katolik Parahayangan. However, the value of accreditation from the Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT ) shows that the top five universities are Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Sepuluh November dan Universitas Pendidikan Indonesia. |
Tahun |
2013 |
Subjek |
Measuring Usability, Website Evaluation |
Penguji 2 |
Iik Wilarso |
Penguji 3 |
Pembimbing 1 |
Dana Indra Sensuse |
Fisik |
xii, 216 hlm. :ill, 30 cm |
Bahasa |
Indonesia |
Lulus Semester |
No. Panggil |
KA-723 (Softcopy KA-721) MAK KA-072 |
Penguji 1 |
Achmad Nizar Hidayanto |