Barcode
Pengarang
Rizka Meutia Maulida;
No. Induk
Kata Kunci
e-Wallet, BCA, SAKUKU, UTAUT, Perceived Security
Pembimbing 3
Pembimbing 2
Penerbit
Jakarta : Program Studi Magister Teknologi Informasi Fasilkom UI, 2019
Barcode RFID baru
11747784
Progam Studi
Magister Teknologi Informasi
Tahun Angkatan
2017
Lokasi
FASILKOM-UI;
Lulus semester MTI
Genap 2018/2019
Abstrak Indonesia
ABSTRAK

Dewasa ini, terlibatnya teknologi pada berbagai sector usaha sudah berkembang pesat, termasuk pada industri perbankan seperti Bank Central Asia (BCA). Salah satu aplikasi yang dikembangkan oleh BCA adalah aplikasi SAKUKU. SAKUKU adalah aplikasi uang elektronik yang menggunakan server based dan dapat diunduh via smartphone untuk melakukan berbagai transaksi finansial seperti bayar belanja, isi pulsa, dan transaksi perbankan lainnya. Pada tahun 2017, BCA menargetkan jumlah pengguna menjadi 300 ribu pengguna, namun kenyataannya hanya menjadi 252 ribu pengguna, sehingga tidak mencapai target jumlah pengguna. Penelitian dilakukan untuk mencari faktor-faktor yang memengaruhi intensi pengguna dalam menggunakan aplikasi SAKUKU dan bagaimana faktor-faktor tersebut memengaruhi intensi pengguna. Konstruksi penelitian ini membangun tiga perspektif, yaitu technology perspective, individual perspective dan digital external perspective dengan melibatkan teori UTAUT2, perceived security, alternative attractiveness, reputation effect, personal innovativeness dan familiarity. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan melakukan survey dan metode kualitatif dengan melakukan wawancara. Hasil survey diolah dengan menggunakan tools SmartPLS 3.0 dengan pendekatan partial least square dan hasil wawancara diolah dengan melakukan teknik text coding. Hasil dari penelitian ini adalah ketiga perspektif yaitu technology, individual dan external perspective terbukti memengaruhi intensi penggunaan dan perilaku penggunaan.

Judul
Analisis faktor-faktor yang memengaruhi minat penggunaan pada aplikasi electronic wallet sakuku
Tgl Pemasukan
Juli 2019
NPM
1706124926
Abstrak English
ABSTRAK

Today, the involvement of technology in various business sectors has grown rapidly, including in the banking industry such as Bank Central Asia (BCA). One application developed by BCA is the SAKUKU application. SAKUKU is an electronic money application that uses server based and can be downloaded via smartphone to perform various financial transactions such as paying for shopping, topping up, and other banking transactions. In 2017, BCA targets the number of users to be 300 thousand users, but in reality it only becomes 252 thousand users, so it does not reach the target number of users. The study was conducted to look for factors that influence the user's intention to use the SAKUKU application and how these factors influence user intentions. The construction of this research builds three perspectives, namely technology perspective, individual perspective and digital external perspective by involving UTAUT2, perceived security, alternative attractiveness, reputation effects, personal innovativeness and familiarity. The research method used in this study is a quantitative method by conducting surveys and qualitative methods by conducting interviews. The survey results were processed using SmartPLS 3.0 tools with the partial least square approach and the results of interviews were processed by doing text coding techniques. The results of this study are the three perspectives, namely technology, individuals and external perspectives proven to influence usage intentions and usage behavior.

Tahun
2019
Subjek
Analysis factors
Penguji 2
Muhammad Rifki Shihab
Penguji 3
Pembimbing 1
Achmad Nizar Hidayanto
Fisik
xiv, 136 hlm. :ill, 30 cm
Bahasa
Ind
Lulus Semester
No. Panggil
KA-1246 (Softcopi KA-1239) MAK KA-892
Penguji 1
Putu Wuri Handayani