Penerbit |
Yogyakarta: Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia, 2012 Subject |
Pengarang |
Whidha Ayu Primastuti , Yati Rohayati , Mochmad Rian Murtiadi; |
Judul |
|
Judul Artikel |
Pemilihan sasaran cross selling layanan internet speedy pada pelanggan telepon rumah menggunkan algoritma k-Nearst neighbor ( hal. A-41 - A-46 ) |
Nama Prosiding |
Prosiding Seminar Nasional aplikasi teknologi informasi 2012 Yogyakarta 15-16 Juni 2012 Author |
Bahasa |
|
Abstrak Indonesia |
Salah satu upaya yang dilakukan oleh PT telkom untuk memperthankan pelanggan dan meningkatkan pendapatannya, adalah dengan melakukan cross selling. Terhadap pelanggan telpon rumah telpon kabel) layanan yang akan ditawarkan dalam cross selling adalah layanan intenet Speedy. Untuk dapat menetapkan pelanggan telpon rumah yang tepat, yang akan dijadikan sasaran dalam cross selling, maka di lakukan data mining. Dalam penelitian ini pemilihan pelanggan akan dilakukan dengan menerapkan algoritma k-Nearest Neighbor (KKN), yang merupkan salah satu metode klasifikasi data dalam data mining. Data yang digunakan dalam pembentukan model dengan algoritma kNN adalah data transaksi pelanggan telpon rumah, transaski pelanggan Speedy, demografi, serta data kemampuan jaringan telpon rumah/kabel.
Atribut data yang digunakan dalam pemodelan adalah : pendapatan perusahaan yang diperoleh dari abonemen, jumlah pendapatan sebelum pajak, tiket kredit untuk restitusi, serta tiket diskon uuntuk restitusi. Dalam penelitian ini diperoleh bahwa jumlah k yang di gunakan dalam pemodelan adalah 2 (dua). Setelah sasaran pelanggan dalam cross selling diperoleh, maka dilakukan perbandingan kesesuaian jumlah sasaran pelanggan yang dihasilkan model dengan jumlah sasaran penjualan Speedy. Untuk dapat menerapkan hasil pemodelan, dibutuhkan data tentang kelayakan perangkat jaringan, sehingga rekomendasi yang dapat diberikan kepada perusahaan bersifat realistis.
Kata Kunci : cross selling, data mining, k-Nearest Neighbor, Speedy, telpon rumah |
Abstrak English |
|
Kata Kunci |
cross selling, data mining, k-Nearest Neighbor, Speedy, telpon rumah |
Tahun |
2012 |
No. Panggil |
SEM-365 |