Bibliografi |
|
Pengarang |
Teresa Prima Tangis Pertiwi; |
Barcode |
|
Cat. Karya |
|
No. Induk |
|
Pembimbing |
Harry Budi Santoso |
Kata Kunci |
e-Commerce, usability, fitur pencarian, mixed methods |
Pembimbing 3 |
|
Pembimbing 2 |
|
Tahun buku |
2020 |
Barcode RFID baru |
11666487 |
Tahun Angkatan |
2016 |
Progam Studi |
Sistem Informasi |
Lokasi |
FASILKOM-UI; |
Tanggal Datang |
02/10/2020 |
Abstrak Indonesia |
ABSTRAK Nama : Teresa Prima Tangis Pertiwi Program Studi : Sistem Informasi Judul : Evaluasi Usability dan Perancangan Desain Alternatif Fitur Pencarian pada Aplikasi E-Commerce Berdasarkan Perilaku Pengguna dalam Pencarian Produk: Studi Kasus Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee Pembimbing : Harry Budi Santoso, S.Kom., M.Kom., Ph.D., Dr. Panca Oktavia Hadi Putra, B.Sc., M.Bus. Seiring berkembangnya e-Commerce di Indonesia, semakin banyak produk yang ditawarkan secara daring. Dengan makin banyaknya produk, diperlukan fitur pencarian yang dapat membantu pengguna untuk menemukan produk yang diinginkan dengan mudah. Pada tahap pencarian produk, pengguna melakukan perbandingan produk dari aplikasi yang satu ke yang lainnya. Dalam hal ini, fitur pencarian yang berkualitas dapat berperan untuk meningkatkan konversi dan daya saing aplikasi e-Commerce. Untuk meningkatkan kualitas fitur pencarian dari segi kegunaan, dilakukan usability testing terhadap aplikasi e-Commerce besar di Indonesia, yaitu Tokopedia, Bukalapak, dam Shopee. Penelitian ini dilakukan pendekatan mixed methods melalui survei daring yang diisi oleh 655 responden dan remote moderated usability testing dengan 15 partisipan. Dari hasil evaluasi, ditemukan 68 perilaku dan permasalahan pengguna saat melakukan pencarian produk di aplikasi e-Commerce yang terdiri dari permasalahan kata kunci, hasil pencarian, dan filtering. Berdasarkan masalah tersebut, dirancang solusi desain alternatif berdasarkan prinsip Shneiderman’s Eight Golden Rules of Interface Design dan Ten Usability Heuristics yang menyelesaikan 51 masalah dan perilaku yang ditemukan. Usability testing terhadap solusi desain alternatif dilakukan dengan 20 partisipan dan mendapatkan success rate sebesar 90,5%. Kata kunci: e-Commerce, usability, fitur pencarian, mixed methods |
Daftar Isi |
|
Cat. Umum |
|
Judul |
Evaluasi usability dan perancangan desain alternatif fitur pencarian pada aplikasi e-commerce berdasarkan perilaku pengguna dalam pencarian produk: studi kasus Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee |
Asal |
|
Korporasi |
|
NPM |
1606917922 |
Abstrak English |
ABSTRACT Name : Teresa Prima Tangis Pertiwi Study Program : Information System Title : Usability Evaluation and Alternative Design Recommendations for Search Feature in E-Commerce Application Based on Users’ Behavior in Searching Products: Case Studies of Tokopedia, Bukalapak, and Shopee Counsellor : Harry Budi Santoso, S.Kom., M.Kom., Ph.D., Dr. Panca Oktavia Hadi Putra, B.Sc., M.Bus. As e-Commerce has developed in Indonesia, more products are being offered online. With more products being offered, search features are needed to help users to find the desired product easily. At the product search stage, users make product comparisons from one application to another. In this case, a high quality search feature can play a role to increase the conversion and competitiveness of e-Commerce applications. To improve the usability of search features, usability testing was carried out on major e-Commerce applications in Indonesia, Tokopedia, Bukalapak, and Shopee. This research was conducted using a mixed method approach through an online survey filled by 655 respondents and remote moderated usability testing with 15 participants. Based on the evaluation, found 68 behaviors and problems of users when searching for products in e-Commerce applications consisting of keyword problems, search results, and filtering. From this problem, an alternative design solution was created based on the principles of Shneiderman's Eight Golden Rules of Interface Design and Ten Usability Heuristics that solve 51 problems and behaviors found before. Usability testing of alternative design solutions was carried out with 20 participants and obtained a success rate of 90.5%. Key words: e-Commerce, usability, search, mixed methods |
Pengarang 2 |
|
Subjek |
|
Penguji 2 |
Widia Resti Fitriani |
Penguji 3 |
|
Pembimbing 1 |
Panca Oktavia Hadi Putra |
Fisik |
xviii, 206 hlm.: ill.; 30 cm. |
Bahasa |
ind |
Lulus Semester |
|
Penerbitan |
Depok: Fasilkom UI, 2020 |
No. Panggil |
SK-1774 (Softcopy SK-1256) |
Penguji 1 |
R. Yugo Kartono Isal |
Lulus semester SI |
|