Bibliografi
Barcode
Pengarang
Putri Rahma Arifa;
Cat. Karya
No. Induk
Pembimbing
Kata Kunci
berdonasi, media sosial, niat, social cognitive theory, faktor teknis, faktor sosial, CB-SEM
Pembimbing 3
Pembimbing 2
Annisa Monicha Sari
Tahun buku
2020
Barcode RFID baru
11684166
Progam Studi
Sistem Informasi
Tahun Angkatan
2016
Lokasi
FASILKOM-UI;
Tanggal Datang
15/12/2021
Abstrak Indonesia
ABSTRAK Nama : Putri Rahma Arifa Program Studi : Sistem Informasi Judul : Analisis Faktor Teknis dan Sosial yang Memengaruhi Pengguna dalam Melakukan Donasi Melalui Media Sosial: Perspektif Social Cognitive Theory Pembimbing : Prof. Dr. Achmad Nizar Hidayanto, S.Kom., M.Kom. & Annisa Monicha Sari, S.Kom., M.Kom. Meningkatnya popularitas media sosial di masyarakat memunculkan transformasi dari bentuk kegiatan berdonasi. Menyikapi hal tersebut, organisasi nonprofit mulai memanfaatkan media sosial sebagai media untuk melakukan penggalangan dana. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor teknis dan faktor sosial yang memengaruhi pengguna dalam melakukan donasi melalui media sosial berdasarkan perspektif social cognitive theory. Untuk menentukan niat pengguna dalam berdonasi melalui media sosial, faktor teknis dan sosial dianggap sebagai aspek environment dan dihubungkan dengan aspek personal seperti self-efficacy dan outcome expectancies. Faktor teknis yang dianalisis adalah reputation dan sociability, sedangkan faktor sosial yang dianalisis adalah identification, interaction, dan information value. Analisis data pada penelitian ini menggunakan metode covariance based structural equation modelling (CB-SEM) dengan AMOS 24. Pada penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa faktor sosial dan teknis berpengaruh terhadap self-efficacy pengguna adalah faktor identification, sociability, dan reputation. Hanya faktor sosial seperti interaction dan identification yang berpengaruh terhadap outcome expectancies pengguna. Kedua faktor personal (self-efficacy dan outcome expectancies) terbukti berpengaruh terhadap attitude dan intention pengguna dalam berdonasi. Dengan hasil tersebut, organisasi nonprofit diharapkan dapat mengatur strategi penggalangan dana di media sosial dengan mengetahui faktor-faktor yang dapat memengaruhi pengguna dalam berdonasi melalui media sosial sehingga bisa meningkatkan jumlah donasi yang terkumpul di setiap penggalangan dana. Kata kunci: berdonasi, media sosial, niat, social cognitive theory, faktor teknis, faktor sosial, CB-SEM
Daftar Isi
Cat. Umum
Judul
Analisis Faktor Teknis dan Sosial yang Memengaruhi Pengguna dalam Melakukan Donasi Melalui Media Sosial: Perspektif Social Cognitive Theory
Asal
Korporasi
NPM
1606917802
Abstrak English
ABSTRACT Name : Putri Rahma Arifa Study Program : Information System Title : Analysis of Technical and Social Factors That Influence Users in Making Donations through Social Media: Social Cognitive Theory Perspectives Counsellor : Prof. Dr. Achmad Nizar Hidayanto, S.Kom., M.Kom. & Annisa Monicha Sari, S.Kom., M.Kom. The increasing popularity of social media in society has led to a transformation in donating. In response to this, non-profit organizations start to use social media as a medium to held the fundraising activities. This study aims to analyze the technical factors and social factors that influence users in making donations through social media based on the perspective of social cognitive theory. To determine user intentions to make donations through social media, technical factors and social factors are considered environmental aspects and are related to personal aspects such as self-efficacy and outcome expectations. The technical factors analyzed are reputation and sociability, while the social factors analyzed are identification, interaction, and information value. Data analysis in this study uses the covariance-based structural equation modeling (CB-SEM) method with AMOS 24. In this study, the authors conclude that social and technical factors influence the user's self-efficacy factors are identification, sociability, and reputation. Only social factors such as interaction and identification affect the user's expectancies outcome. Both personal factors (self-efficacy and outcome expectancies) are proven to affect the user's attitude and intention in making a donation. With the results of this study, non-profit organizations are expected to manage fundraising strategies on social media by knowing the factors that can influence users in making donations through social media so as to increase the amount of donations collected at each campaign. Keywords: donating, social media, intention, social cognitive theory, technical factors, social factors, CB-SEM
Pengarang 2
Subjek
Penguji 2
Ave Adriana Pinem
Penguji 3
Pembimbing 1
Achmad Nizar Hidayanto
Fisik
xvi, 163 hlm. ; 30 cm
Bahasa
Ind
Lulus Semester
Penerbitan
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2020
Penguji 1
Larastri Kumaralalita
Lulus semester SI
No. Panggil
SK-1863 (Softcopy SK-1345)