Bibliografi |
|
Pengarang |
Swastinika Naima Moertadho; |
Barcode |
|
Cat. Karya |
|
No. Induk |
|
Pembimbing |
|
Kata Kunci |
Usability, e-marketplace, web, mobile |
Pembimbing 3 |
|
Pembimbing 2 |
R. Yugo Kartono Isal |
Tahun buku |
2021 |
Barcode RFID baru |
11753702 |
Tahun Angkatan |
2016 |
Progam Studi |
Ilmu Komputer |
Lokasi |
FASILKOM-UI; |
Tanggal Datang |
20/01/2022 |
Abstrak Indonesia |
ABSTRAK
Nama : Swastinika Naima Moertadho
Program Studi : Sarjana Ilmu Komputer
Judul : Perbandingan Usability Situs E-marketplace Versi Mobile dan Versi
Web di Indonesia: Studi Kasus Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak
Pembimbing : Harry Budi Santoso, S.Kom., M.Kom., Ph.D.
Dr. Drs. R. Yugo Kartono Isal, M.Sc.
Penggunaan internet di Indonesia telah meningkat secara drastis dalam 10 tahun
terakhir, didominasi oleh akses melalui perangkat mobile. Salah satu industri yang
sering diakses oleh pengguna internet adalah e-marketplace, dengan mayoritas
penggunanya menggunakan perangkat mobile. Meskipun begitu, masih sedikit
penelitian yang membandingkan interaksi pengguna dengan platform mobile dan web.
Penelitian ini bertujuan untuk membantu dalam bidang tersebut, dengan memberikan
insight mengenai perbandingan usability serta perbedaan pemanfaatan situs versi web
dan mobile untuk tiga e-marketplace terpopuler di Indonesia: Tokopedia, Shopee, dan
Bukalapak. Riset ini dilakukan menggunakan mixed methods, dengan data kuantitatif
berupa hasil kuesioner dan System Usability Scale, serta data kualitatif berupa hasil
Usability Testing, wawancara pengguna, serta wawancara dengan ahli desain
antarmuka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengguna menilai usability aplikasi
mobile cenderung lebih baik dibandingkan situs web. Hal ini dikarenakan pengguna
menilai berbelanja melalui aplikasi mobile lebih mudah, dengan adanya voucher serta
pembayaran yang praktis. Kendati demikian, pengguna juga menyatakan lebih mudah
melakukan product discovery melalui situs web karena layar yang lebih besar.
Rekomendasi yang dapat diberikan untuk situs e-marketplace adalah untuk fokus
mendesain fitur product discovery seperti mencari dan melihat barang yang baik pada
situs web, dan proses checkout yang baik pada aplikasi mobile. |
Daftar Isi |
|
Cat. Umum |
|
Judul |
Perbandingan usability situs E-Marketplace versi mobile dan versi web Di Indonesia: Studi kasus tokopedia, shopeem dan bukalapak |
Asal |
|
Korporasi |
|
NPM |
1606821854 |
Abstrak English |
ABSTRACT
Name : Swastinika Naima Moertadho
Study Program : Sarjana Ilmu Komputer
Title : Usability Comparison Between Mobile Application and
Desktop Website of E-marketplaces in Indonesia: Case Study
of Tokopedia, Shopee, and Bukalapak
Counsellor : Harry Budi Santoso, S.Kom., M.Kom., Ph.D.
Dr. Drs. R. Yugo Kartono Isal, M.Sc.
Over the past decade, internet usage in Indonesia has increased dramatically, with
access through mobile devices leading the way. One of the frequently accessed industry
is e-marketplace, with many of its users accessing through mobile devices. However,
there is still minimal research regarding users’ interaction with the web platform
compared to the mobile platform. This research aims to fill that gap by providing insight
into the usability comparison between desktop and mobile versions of Indonesia’s top
three e-marketplaces: Tokopedia, Shopee, and Bukalapak. On top of that, this research
also explores how certain features of the mentioned e-marketplaces are being utilized by
users. The research uses a mixed method approach, with quantitative data in the form of
a questionnaire and System Usability Scale, and qualitative data gained through
Usability Testing, user interview, and interview with a design expert. The results of this
research suggest that users give higher scores to mobile applications of e-marketplace
compared to desktop sites. This is due to users perceiving shopping through mobile apps
as easier, thanks to the availability of vouchers and convenient payment methods.
However, users also state that they prefer doing product discovery through desktop sites
due to a bigger screen. For e-marketplace sites, the recommendation given is to focus on
improving product discovery features such as searching and viewing products on
desktop sites, and focus on improving the checkout process for mobile applications. |
Pengarang 2 |
|
Subjek |
|
Penguji 2 |
Panca Oktavia Hadi Putra |
Penguji 3 |
|
Pembimbing 1 |
Harry Budi Santoso |
Fisik |
xii,86 hlm;30 cm |
Bahasa |
Ind |
Lulus Semester |
|
Penerbitan |
Depok:Fasilkom UI,2021 |
No. Panggil |
SK-1888 (Softcopy SK-1370) |
Penguji 1 |
Indra Budi |
Lulus semester SI |
|