Barcode
Pengarang
Syahrul Alam Suriazdin;
No. Induk
Kata Kunci
Cash On Delivery, Electronic Payment, Switching Intention, C2C e-commerce, PushPull-Mooring
Pembimbing 3
Pembimbing 2
Penerbit
Jakarta : Program Studi Magister Teknologi Informasi Fasilkom UI, 2022
Barcode RFID baru
11691766
Tahun Angkatan
2000
Progam Studi
Magister Teknologi Informasi
Lokasi
FASILKOM-UI-MTI;
Lulus semester MTI
Gasal 2021/2022
Abstrak Indonesia
ABSTRAK

Electronic payment (e-payment) merupakan salah satu metode pembayaran yang saat ini populer digunakan untuk berbagai transaksi. Hal ini tidak terlepas dari ekosistem yang bertransformasi ke cashless society akibat adanya pandemi COVID-19. Akan tetapi, epayment belum mampu mencapai tingkat kepercayaan yang baik dari masyarakat pada transaksi e-commerce. Hal ini menjadikan metode pembayaran tunai dengan layanan Cash On Delivery (COD) masih mendominasi transaksi pembayaran C2C e-commerce di Indonesia. Demi mendukung visi misi Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) dan Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia (SPI) oleh Bank Indonesia, terkait ekosistem cashless society di Indonesia, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktorfaktor yang memengaruhi niat pengguna beralih dari layanan pembayaran tunai melalui layanan COD ke layanan e-payment. Penelitian ini menggunakan kerangka Push-PullMooring (PPM) dengan meninjau perspektif kesadaran kesehatan dan risiko COVID-19, perspektif penerimaan teknologi, dan perspektif teori upaya transaksi. Selanjutnya, penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif melalui penyebaran kuesioner ke 546 responden pengguna layanan COD dan e-payment pada transaksi e-commerce. Hasil analisis data dengan metode CB-SEM menggunakan AMOS 26.0, menunjukkan terdapat beberapa faktor yang memengaruhi secara signifikan terhadap niat beralih dari layanan COD ke e-payment. Hasil temuan pada aspek push, menunjukkan bahwa semua faktor yang ada tidak memiliki pengaruh yang signifikan, yakni faktor health consciousness, perceived COVID-19 risks, dan transaction inconvenience. Selanjutnya pada aspek pull, semua faktor yang di antaranya economical benefit, performance expectancy, effort expectancy, dan critical mass memiliki pengaruh signifikan terhadap niat beralih dari layanan COD ke e-payment. Terakhir pada aspek mooring, hampir semua faktor menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap niat beralih dari layanan COD ke epayment, yang di antaranya faktor trust yang memengaruhi secara langsung dan faktor perceived security and privacy yang memengaruhi secara tidak langsung, sedangkan faktor switching cost tidak memiliki pengaruh yang signifikan. Penelitian ini dapat menjadi acuan bagi pemegang regulasi sistem pembayaran Indonesia dan penyedia layanan e-payment dalam menyusun regulasi dan strategi untuk mempercepat persebaran transaksi digital di Indonesia.

Judul
Analisis faktor yang memengaruhi niat untuk beralih dari layanan cash on delivery payment ke electronic payment transaksi c2c e-commerce dalam konteks pandemi covid-19
Tgl Pemasukan
Januari 2022
NPM
2006561853
Abstrak English
ABSTRAK

Electronic payment (e-payment) is a payment method that is currently popularly used for various transactions. This is inseparable from the transformation to a cashless society ecosystem due to the COVID-19 pandemic. However, e-payment has not been able to achieve a good level of trust from the public in e-commerce transactions. This makes cash payment methods with Cash On Delivery (COD) services still dominate C2C e-commerce payment transactions in Indonesia. In order to support the vision and mission of the National Non-Cash Movement (GNNT) and the Indonesian Payment System Blueprint (SPI) by Bank Indonesia, regarding the cashless society ecosystem in Indonesia, this study aims to identify the factors that affect users' intention to switch from cash payment services through COD services. to e-payment services. This study uses the Push-PullMooring (PPM) framework by reviewing the health and risk awareness perspective of COVID-19, the technology acceptance perspective, and the transaction cost theory perspective. The research was conducted with a quantitative approach by distributing questionnaires to 546 respondents who are users of COD and e-payment services in C2C e-commerce transactions. The results of data analysis using the CB-SEM method using AMOS 26.0, indicate that there are several factors that significantly influence the intention to switch from COD to e-payment services. The findings on the push aspect show that all existing factors do not have a significant influence, namely health consciousness, perceived COVID-19 risks, and transaction inconvenience. Furthermore, in the pull aspect, all factors including economical benefits, performance expectancy, effort expectancy, and critical mass have a significant influence on the intention to switch from COD to e-payment services. And the last one, on the mooring aspect, almost all factors show a significant influence on the intention to switch from COD services to epayment, including the trust factor which affects it directly, and the perceived security and privacy factor that influences it indirectly, while the switching cost factor does not have a direct influence significant influence. This study can be used as a reference for Indonesian payment system regulators and e-payment service providers in formulating regulations and strategies to accelerate the spread of digital transactions in Indonesia.

Tahun
2022
Subjek
Analysis Factors
Penguji 2
Farisya Setiadi
Penguji 3
Pembimbing 1
Achmad Nizar Hidayanto
Fisik
xiii, 153 hlm. :ill, 30 cm
Bahasa
Ind
Lulus Semester
Penguji 1
Panca Hadi Putra
No. Panggil
KA-1558 (Softcopy KA-1543) MAK KA-1195