Bibliografi |
|
Pengarang |
Puri Indah Lestari; |
Barcode |
|
Judul English |
Analysis of Factors Affecting Micro Enterprises Performance in the Food and Beverage Sector Through the Social Media Usage |
Tim penguji 3 |
|
No. Induk |
|
Tim Penguji 6 |
|
Tim penguji 4 |
|
Timpenguji 2 |
|
Tim Penguji 7 |
|
Keterangan |
|
Kata Kunci |
Media sosial, Usaha mikro, Kinerja usaha, rekomendasi bisnis |
Tim Penguji 5 |
|
Pembimbing 3 |
|
Pembimbing 2 |
|
Tahun buku |
2022 |
Barcode RFID baru |
11833135 |
Tahun Angkatan |
2019 |
Progam Studi |
Magister Ilmu Komputer |
Tim penguji 1 |
|
Lokasi |
FASILKOM-UI; |
Tanggal Datang |
29/09/2022 |
Lulus semester MTI |
|
Abstrak Indonesia |
ABSTRAK
Nama : Puri Indah Lestari
Program Studi : Magister Ilmu Komputer
Judul : Analisis Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Usaha Mikro Pada Sektor
Makanan dan Minuman Melalui Penggunaan Media Sosial
Pembimbing : Prof. Ir. Dana Indra Sensuse M.LIS., Ph.D.
Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah(UMKM) dan merupakan usaha yang dapat
membantu meningkatkan perekonomian negara, terutama negara berkembang seperti
Indonesia. Di Indonesia, jumlah usaha mikro sendiri mencapai 98,7% dari total usaha
yang ada. meskipun jumlah usaha mikro sangat banyak, peningkatan usaha mikro paling
kecil diantara jenis usaha lainnya yaitu hanya sekitar 17,1% pada tahun 2020. Penelitian
ini bertujuan untuk mengeksplorasi faktor mediasi yang dapat meningkatkan kinerja
usaha mikro pada sektor makanan dan minuman melalui penggunaan media sosial dan
menyusun strategi untuk meningkatkan kinerja usaha mikro. Analisis tematik dilakukan
untuk mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi Micro Enterprises performance.
Setelah faktor teridentifikasi dilakukan analisis konfirmatori dengan menggunakan PLSSEM dari data 266 responden pengusaha mikro di Jabodetabek. Hasil penelitian ini
menemukan bahwa social media marketing berpengaruh secara langsung dan sebagai
mediator antara social media usage dan Micro Enterprises performance. Sedangkan
innovation, brand awareness, dan digital presence tidak berpengaruh secara langsung
terhadap kinerja usaha mikro dan tidak berperan sebagai mediator diantara social media
usage dan Micro Enterprises performance. Berdasarkan hasil temuan tersebut, penelitian
ini menyusun rekomendasi penggunaan media sosial untuk usaha mikro dengan
menggunakan Aware/attention, Interest, Desire, dan Action (AIDA).
Kata kunci: Media sosial, Usaha mikro, Kinerja usaha, rekomendasi bisnis
|
Judul |
Analisis Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Usaha Mikro Pada Sektor Makanan dan Minuman Melalui Penggunaan Media Sosial |
Tgl Pemasukan |
9 November 2022 |
NPM |
1906438033 |
Abstrak English |
ABSTRACT
Name : Puri Indah Lestari
Study Program : Magister Ilmu Komputer
Title : Analysis of Factors Affecting Micro Enterprises Performance
in the Food and Beverage Sector Through the Social Media
Usage
Counsellor : Prof. Ir. Dana Indra Sensuse M.LIS., Ph.D.
Micro, Small, and Medium Enterprises (MSMEs) are businesses that can help improve
the country's economy, especially in developing countries such as Indonesia. In
Indonesia, micro-enterprises reach 98.7% of the total existing businesses. Although the
number of micro-enterprises is enormous, the smallest increase in micro-enterprises
among other types of businesses is only around 17.1% in 2020. This study aims to explore
mediating factors that can improve micro-enterprises' performance in the food and
beverage sector through social media usage and develop strategies to improve business
performance. Thematic analysis is carried out to identify factors that affect the
performance of Micro Enterprises. After a confirmatory factor analysis was carried out
using PLS-SEM from the data of 266 micro-entrepreneurs in Jabodetabek. The results of
this study concluded that social media marketing has a direct effect and is a mediator
between the use of social media and the performance of Micro Enterprises. Meanwhile,
innovation, brand awareness, and digital presence do not directly affect the performance
of micro-enterprises and do not act as a mediator between the use of social media and
micro-enterprises performance. Based on these findings, this study compiles
recommendations for the use of social media for micro-enterprises using
Aware/Attention, Interest, Desire, and Action (AIDA).
Keywords: Social media, Micro enterprises, Business performance, business
recomendation
|
Subjek |
|
Penguji 2 |
Betty Purwandari |
Penguji 3 |
Bob Hardian |
Penguji 4 |
|
Pembimbing 1 |
Dana Indra Sensuse |
Fisik |
xi,139 hlm.; ill.; 30 cm |
Bahasa |
|
Lulus Semester |
|
Penerbitan |
Depok:Fasilkom UI,2022 |
No. Panggil |
T-1324 (Softcopy T-1032) Mak T-123 |
Penguji 1 |
Indra Budi |