Bibliografi
Pengarang
Puri Indah Lestari;
Barcode
Judul English
Analysis of Factors Affecting Micro Enterprises Performance in the Food and Beverage Sector Through the Social Media Usage
Tim penguji 3
No. Induk
Tim Penguji 6
Tim penguji 4
Timpenguji 2
Tim Penguji 7
Keterangan
Kata Kunci
Media sosial, Usaha mikro, Kinerja usaha, rekomendasi bisnis
Tim Penguji 5
Pembimbing 3
Pembimbing 2
Tahun buku
2022
Barcode RFID baru
11833135
Tahun Angkatan
2019
Progam Studi
Magister Ilmu Komputer
Tim penguji 1
Lokasi
FASILKOM-UI;
Tanggal Datang
29/09/2022
Lulus semester MTI
Abstrak Indonesia
ABSTRAK Nama : Puri Indah Lestari Program Studi : Magister Ilmu Komputer Judul : Analisis Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Usaha Mikro Pada Sektor Makanan dan Minuman Melalui Penggunaan Media Sosial Pembimbing : Prof. Ir. Dana Indra Sensuse M.LIS., Ph.D. Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah(UMKM) dan merupakan usaha yang dapat membantu meningkatkan perekonomian negara, terutama negara berkembang seperti Indonesia. Di Indonesia, jumlah usaha mikro sendiri mencapai 98,7% dari total usaha yang ada. meskipun jumlah usaha mikro sangat banyak, peningkatan usaha mikro paling kecil diantara jenis usaha lainnya yaitu hanya sekitar 17,1% pada tahun 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi faktor mediasi yang dapat meningkatkan kinerja usaha mikro pada sektor makanan dan minuman melalui penggunaan media sosial dan menyusun strategi untuk meningkatkan kinerja usaha mikro. Analisis tematik dilakukan untuk mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi Micro Enterprises performance. Setelah faktor teridentifikasi dilakukan analisis konfirmatori dengan menggunakan PLSSEM dari data 266 responden pengusaha mikro di Jabodetabek. Hasil penelitian ini menemukan bahwa social media marketing berpengaruh secara langsung dan sebagai mediator antara social media usage dan Micro Enterprises performance. Sedangkan innovation, brand awareness, dan digital presence tidak berpengaruh secara langsung terhadap kinerja usaha mikro dan tidak berperan sebagai mediator diantara social media usage dan Micro Enterprises performance. Berdasarkan hasil temuan tersebut, penelitian ini menyusun rekomendasi penggunaan media sosial untuk usaha mikro dengan menggunakan Aware/attention, Interest, Desire, dan Action (AIDA). Kata kunci: Media sosial, Usaha mikro, Kinerja usaha, rekomendasi bisnis
Judul
Analisis Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Usaha Mikro Pada Sektor Makanan dan Minuman Melalui Penggunaan Media Sosial
Tgl Pemasukan
9 November 2022
NPM
1906438033
Abstrak English
ABSTRACT Name : Puri Indah Lestari Study Program : Magister Ilmu Komputer Title : Analysis of Factors Affecting Micro Enterprises Performance in the Food and Beverage Sector Through the Social Media Usage Counsellor : Prof. Ir. Dana Indra Sensuse M.LIS., Ph.D. Micro, Small, and Medium Enterprises (MSMEs) are businesses that can help improve the country's economy, especially in developing countries such as Indonesia. In Indonesia, micro-enterprises reach 98.7% of the total existing businesses. Although the number of micro-enterprises is enormous, the smallest increase in micro-enterprises among other types of businesses is only around 17.1% in 2020. This study aims to explore mediating factors that can improve micro-enterprises' performance in the food and beverage sector through social media usage and develop strategies to improve business performance. Thematic analysis is carried out to identify factors that affect the performance of Micro Enterprises. After a confirmatory factor analysis was carried out using PLS-SEM from the data of 266 micro-entrepreneurs in Jabodetabek. The results of this study concluded that social media marketing has a direct effect and is a mediator between the use of social media and the performance of Micro Enterprises. Meanwhile, innovation, brand awareness, and digital presence do not directly affect the performance of micro-enterprises and do not act as a mediator between the use of social media and micro-enterprises performance. Based on these findings, this study compiles recommendations for the use of social media for micro-enterprises using Aware/Attention, Interest, Desire, and Action (AIDA). Keywords: Social media, Micro enterprises, Business performance, business recomendation
Subjek
Penguji 2
Betty Purwandari
Penguji 3
Bob Hardian
Penguji 4
Pembimbing 1
Dana Indra Sensuse
Fisik
xi,139 hlm.; ill.; 30 cm
Bahasa
Lulus Semester
Penerbitan
Depok:Fasilkom UI,2022
No. Panggil
T-1324 (Softcopy T-1032) Mak T-123
Penguji 1
Indra Budi