Bibliografi |
|
Pengarang |
Hafiz Bhadrika Alamsyah
Nofaldi Fikrul Atmam
Rezaldy Ahmad Maulana; |
Barcode |
|
Cat. Karya |
|
No. Induk |
|
Pembimbing |
Gladhi Guarddin S.Kom M.Kom |
Kata Kunci |
Bikunku, Bikun, Bus Information Support Prototype, User-Centered Design, Waterfall methodology. |
Pembimbing 3 |
|
Pembimbing 2 |
|
Tahun buku |
2023 |
Barcode RFID baru |
11691600 |
Tahun Angkatan |
2019 |
Progam Studi |
Sistem Informasi |
Lokasi |
FASILKOM-UI; |
Tanggal Datang |
16/10/2023 |
Abstrak Indonesia |
ABSTRAK
Nama Penulis 1 / Program Studi : Hafiz Bhadrika Alamsyah / Sistem Informasi
Nama Penulis 2 / Program Studi : Nofaldi Fikrul Atmam / Ilmu Komputer
Nama Penulis 3 / Program Studi : Rezaldy Ahmad Maulana / Sistem Informasi
Judul : “Bikunku: Prototipe Penunjang Informasi Bus
Kampus untuk Meningkatkan Pengalaman
Pengguna dalam Mendapatkan Informasi Bus”
Pembimbing : Bayu Anggorojati, S.T., M.Sc., Ph.D. dan Gladhi
Guarddin, S.Kom., M.Kom
Mekanisme perkuliahan di Universitas Indonesia (UI) yang kembali ke moda
pembelajaran tatap muka berdampak pada penyesuaian fasilitas di lingkungan kampus, salah
satunya dengan dioperasionalkannya kembali sarana transportasi bis kuning (bikun). Adanya
bikun sebagai sarana transportasi di lingkungan UI secara tidak langsung berdampak pada
manajemen waktu para sivitas akademika UI. Meskipun layanan bikun telah beroperasional
kembali, terdapat beberapa masalah yang dirasakan oleh pengguna layanan bikun seperti
ketidakpastian jadwal kedatangan bikun pada suatu halte, estimasi waktu kedatangan bikun,
jumlah bikun yang beroperasi serta informasi umum bikun lainnya. Oleh karena itu, penelitian
ini bertujuan untuk menggali masalah dan kebutuhan pengguna layanan bikun dalam
pengalaman mendapatkan informasi bikun serta mengembangkan dan mengevaluasi prototipe
Bikunku sebagai penunjang informasi bikun yang menjadi solusi atas permasalahan yang
ditemukan. Penelitian ini menggunakan proses desain UCD yang diintegrasikan dengan
metodologi SDLC waterfall yang terdiri atas enam tahapan utama yaitu requirements,
analysis, design, development, testing dan deployment. Hasil akhir prototipe Bikunku
menunjukkan bahwa prototipe dapat menjalankan 13 skenario UAT dengan sukses,
menunjang 100 concurrent request REST API selama 30 menit, menunjang 2000 concurrent
user ke WebSocket selama lima menit, serta memberikan response time REST API dengan
rata-rata 256ms. Hasil audit menggunakan lighthouse testing menunjukkan bahwa prototipe
Bikunku memiliki performance 76,4%, accessibility 80%, best practice 83%, serta SEO 83%.
Hasil evaluasi terhadap usability menunjukkan bahwa responden tidak memiliki kendala
dalam menjalankan skenario penggunaan prototipe Bikunku. Hasil akhir prototipe Bikunku
telah mendapatkan angka SUS sebesar 80,42% yang masuk pada kategori “GOOD” yang
berarti prototipe sudah menghasilkan pengalaman yang baik diatas rata-rata bagi pengguna
layanan bikun.
Kata kunci: Bikunku, Bikun, Prototipe Penunjang Informasi Bus, User-Centered
Design, Metodologi Waterfall.
|
Daftar Isi |
|
Cat. Umum |
|
Judul |
Bikunku: Prototipe Penunjang Informasi Bus Kampus untuk Meningkatkan Pengalaman Pengguna dalam Mendapatkan Informasi Bus” |
Asal |
|
Korporasi |
|
NPM |
|
Abstrak English |
ABSTRACT
Writers 1 Name / Study
Program
: Hafiz Bhadrika Alamsyah / Information System
Writers 2 Name / Study
Program
: Nofaldi Fikrul Atmam / Computer Science
Writers 3 Name / Study
Program
: Rezaldy Ahmad Maulana / Information System
Title : “Bikunku: Campus Bus Information Support Prototype to
Improve User Experience in Obtaining Bus Information”
Counselor : Bayu Anggorojati, S.T., M.Sc., Ph.D. and Gladhi
Guarddin, S.Kom., M.Kom
The mechanism of lectures at the University of Indonesia (UI) that returns to
face-to-face learning mode has an impact on the adjustment of facilities in the campus
environment, one of which is the reactivation of the yellow bus (bikun) transportation facility.
The presence of bikun as a transportation facility in the UI environment indirectly impacts the
time management of UI academic staff. Although the bikun service has been operational
again, there are some problems experienced by bikun service users such as uncertainty about
the arrival schedule of bikun at a stop, the estimated arrival time of bikun, the number of
bikun operating, and other general bikun information. Therefore, this research aims to
explore the problems and needs of bikun service users in obtaining information on bikun and
to develop and evaluate the Bikunku prototype as a support for bikun information that
becomes a solution to the problems found. This research uses a UCD design process that is
integrated with the waterfall SDLC methodology consisting of six main stages, namely
requirements, analysis, design, development, testing, and deployment. The final results of the
Bikunku prototype show that the prototype was able to successfully run 13 UAT scenarios,
support 100 concurrent REST API requests for 30 minutes, support 2000 concurrent users to
the WebSocket for five minutes, and provide an average REST API response time of 256ms.
The result of the audit using the lighthouse test shows that the Bikunku prototype has a
performance of 76.4%, accessibility of 80%, best practice of 83%, and SEO of 83%. The
results of the evaluation of usability showed that the respondents did not have any obstacles in
running the user scenario of the Bikunku prototype. The final result of the Bikunku prototype
has obtained an SUS score of 80.42% which falls into the category of "GOOD" which means
the prototype has produced a good experience above average for bikun service users.
Key Words: Bikunku, Bikun, Bus Information Support Prototype, User-Centered Design,
Waterfall methodology. |
Pengarang 2 |
|
Subjek |
|
Penguji 2 |
Rizal Fathoni Aji S |
Penguji 3 |
|
Pembimbing 1 |
Bayu Anggorojati |
Fisik |
|
Bahasa |
Ind |
Lulus Semester |
|
Penerbitan |
Depok: Fasilkom UI, 2023 |
No. Panggil |
SK-2215 (Softcopy SK-1697) |
Penguji 1 |
Alfan Farizki Wicaksono |
Lulus semester SI |
Ganjil 2023 |