Bibliografi
Pengarang
Edrick Lainardi;
Barcode
Cat. Karya
No. Induk
Pembimbing
Gladhi Guarddin
Kata Kunci
Bidang edukasi, mind map, visualisasi 3D, libGDX.
Pembimbing 3
Pembimbing 2
Tahun buku
2021
Barcode RFID baru
11542964
Tahun Angkatan
2017
Progam Studi
Ilmu Komputer
Lokasi
FASILKOM-UI;
Tanggal Datang
17/11/2023
Abstrak Indonesia
ABSTRAK

ABSTRAK Nama : Edrick Lainardi Program Studi : Ilmu Komputer Judul : 3D Mind Map Android Berbasis libGDX Pembimbing : Gladhi Guarddin, S.Kom., M.Kom. Seiring dengan perkembangan teknologi, banyak ditemukan cara-cara baru dalam menggunakan teknologi tersebut. Salah satu bidang yang dipengaruhi oleh perkembangan teknologi ini adalah bidang edukasi. Penggunaan teknologi dalam bidang edukasi dapat memicu ketertarikan dari para pelajar, seperti aplikasi-aplikasi edukasional dan juga media pembelajaran lain seperti video edukasional. Oleh karena itu, penulis ingin membuat sebuah media pembelajaran lain yang unik dan juga dapat diakses dengan mudah. Pada penelitian ini, penulis mencoba untuk membuat sebuah aplikasi yang dapat digunakan sebagai sebuah media pembelajaran yang berbeda dengan menggunakan visualisasi mind map. Aplikasi yang dibuat oleh peneliti dapat merepresentasikan sebuah mind map 2D ke sebuah mind map 3D menggunakan library libGDX. Library ini memungkinkan untuk melakukan render berbasis OpenGL ES dan masih low-level serta memiliki fungsionalitas yang sangat baik dalam pembuatan grafik 3D. Setiap elemen yang terdapat pada mind map 2D dilakukan konversi agar tidak terdapat informasi yang hilang. Aplikasi yang dikembangkan masih terdapat beberapa kekurangan dalam aspek kamera dan juga tampilan dari teks. Nilai SUS yang didapat oleh aplikasi ini bernilai 65, hal ini dikarenakan aplikasi yang dibuat tidak dapat dipahami langsung oleh pengguna dan membutuhkan waktu untuk membiasakan diri dalam penggunaan aplikasi ini. Kata kunci: Bidang edukasi, mind map, visualisasi 3D, libGDX.

Daftar Isi
DAFTAR ISI HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS ........................................................... i HALAMAN PENGESAHAN ........................................................................................ ii KATA PENGANTAR ................................................................................................... iii HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI TUGAS AKHIR UNTUK KEPENTINGAN AKADEMIK......................................................................v ABSTRAK...................................................................................................................... vi ABSTRACT .................................................................................................................. vii DAFTAR ISI................................................................................................................ viii DAFTAR GAMBAR .......................................................................................................x DAFTAR TABEL.......................................................................................................... xi DAFTAR LAMPIRAN................................................................................................. xii BAB 1 PENDAHULUAN................................................................................................1 1.1 Latar Belakang................................................................................................... 1 1.2 Rumusan Masalah.............................................................................................. 2 1.3 Batasan Masalah ................................................................................................ 3 1.4 Pertanyaan Penelitian......................................................................................... 3 1.5 Tujuan Penelitian ............................................................................................... 3 1.6 Manfaat Penelitian ............................................................................................. 4 BAB 2 TINJAUAN KEPUSTAKAAN...........................................................................5 2.1 Mind Map........................................................................................................... 5 2.2 2D dan 3D.......................................................................................................... 6 2.3 Environment & Render...................................................................................... 6 2.4 Library libGDX ................................................................................................. 6 BAB 3 ANALISIS & DESAIN........................................................................................8 3.1 Rancangan Aplikasi ........................................................................................... 8 3.2 Pemetaan 2D ke 3D ........................................................................................... 9 3.3 Rancangan Arsitektur Modul........................................................................... 10 3.4 Penggunaan Komponen libGDX ..................................................................... 11 3.5 Batasan Jumlah Child ...................................................................................... 11 3.6 Rancangan Koordinat Objek Mind Map.......................................................... 11 BAB 4 IMPLEMENTASI.............................................................................................16 ix Universitas Indonesia 4.1 Implementasi Menggunakan Native OpenGL ES............................................ 16 4.2 Implementasi Menggunakan Library libGDX................................................. 17 4.2.1 Implementasi Navigasi ............................................................................. 18 4.2.2 Implementasi Resultan ............................................................................. 19 4.2.3 Implementasi Node................................................................................... 20 4.2.4 Implementasi Garis................................................................................... 20 4.2.5 Implementasi Teks.................................................................................... 21 4.2.6 Rendering.................................................................................................. 22 BAB 5 PENGUJIAN......................................................................................................23 5.1 Pengujian Fungsionalitas................................................................................. 23 5.2 Pengujian Pengunaan....................................................................................... 24 BAB 6 PENUTUP ..........................................................................................................26 6.1 Kesimpulan ...................................................................................................... 26 6.2 Saran ................................................................................................................ 27 DAFTAR REFERENSI.................................................................................................28 LAMPIRAN ...................................................................................................................29
Cat. Umum
Judul
3D Mind Map Android Berbasis libGDX
Asal
Korporasi
NPM
1706040113
Abstrak English
ABSTRAK

ABSTRACT Name : Edrick Lainardi Study Program : Computer Science Title : 3D Android Mind Map Based on libGDX Counsellor : Gladhi Guarddin, S.Kom., M.Kom. With the advancement in technology, there is found a lot of ways to use that technology. One of the field that got influenced a lot because of technological advancement is the field of education. The usage of technology in the field of education can trigger the interest of students, some of them being educational applications and other media dedicated for learning, such as educational videos. Because of that, the author wanted to make a new and unique learning media that can also be accessed easily. In this research, the author tried to make an application that can be used for learning using the visualization of a mind map. The application that the author made can represent a 2D mind map to become a 3D mind map using the libGDX library. This library enables rendering based on OpenGL ES and is still relatively low-level while also providing excellent functionality to render 3D graphics. Every element that is inside a 2D mind map is converted so that there would not be any lost information. The application still has some drawbacks which are the camera and the visualization of the text. The SUS score that this application got is 65, this is because the application could not be understood directly by the users and time was needed for the users to get used to the application. Keywords: Education, mind map, 3D visualization, libGDX.

Pengarang 2
Subjek
Penguji 2
Amril Syalim
Penguji 3
Pembimbing 1
Fisik
xii, 68 hlm, 30 Cm
Bahasa
Ind
Lulus Semester
Ganjil 2023
Penerbitan
Depok: Fakultas Ilmu Komputer UI, 2023
No. Panggil
SK-2238 (Softcopy SK-1720)
Penguji 1
Adhi Yuniarto
Lulus semester SI
Ganjil 2023