Bibliografi |
Pengarang |
Wismu Sunarmodo; |
Barcode |
Judul English |
Dynamic Graph Embedding Approach For Airport Centrality In Flight Network |
Tim penguji 3 |
No. Induk |
Tim Penguji 6 |
Tim penguji 4 |
Timpenguji 2 |
Tim Penguji 7 |
Keterangan |
Kata Kunci |
node embedding, dynamic graph, virtual node, centrality, aviation, economy |
Tim Penguji 5 |
Pembimbing 3 |
Pembimbing 2 |
Tahun buku |
2024 |
Barcode RFID baru |
11773323 |
Tahun Angkatan |
2021 |
Progam Studi |
Magister Ilmu Komputer |
Tim penguji 1 |
Lokasi |
FASILKOM-UI; |
Tanggal Datang |
14/02/2025 |
Lulus semester MTI |
Abstrak Indonesia |
Nama : Wismu Sunarmodo Program Studi : Ilmu Komputer Judul : Pendekatan Embedding Graf Dinamis untuk Penentuan Sentralitas Bandara pada Jaringan Penerbangan Pembimbing : Bayu Distiawan Trisedya, S.Kom, M.Kom, Ph.D. Penelitian ini mencoba mengatasi tantangan dalam mengukur sentralitas node dalam graf dinamis dengan memperkenalkan metrik baru berbasis node embedding. Terdapat dua pendekatan yang digunakan: pendekatan node embedding graf statis dan pendekatan node embedding graf dinamis. Pendekatan statis mengubah graf dinamis menjadi graf statis dengan teknik agregasi. Agregasi dilakukan dengan menambahkan komponen periode waktu pada penamaan node sehingga grafgraf pada setiap periode waktu dapat menjadi subgraf-subgraf pada suatu graf agregasi. Namun demikian, pengukuran sentralitas pada ranah embedding tidak dapat dilakukan secara deterministik dikarenakan tidak adanya acuan untuk mengukur tingkat sentralitas node. Sehingga diusulkan pula pendekatan berbasis graf dinamis dengan virtual node. Pendekatan dinamis mempertimbangkan perubahan embedding node dari waktu ke waktu yang tidak dapat dicapai pada pendekatan graf statis. Selain itu, pengukuran sentralitas pada ranah graf secara deterministik dapat dicapai dengan penambahan virtual node yang terkoneksi ke semua node lainnya dalam graf dengan bobot minimum. Metode ini diujicobakan pada data jadwal penerbangan domestik Amerika Serikat dari 1988 hingga 2022, untuk mendapatkan tingkat sentralitas masing-masing bandara dalam jaringan penerbangan. Hasil pengukuran sentralitas metode yang diusulkan kemudian dibandingkan dengan metode sentralitas lainnya dan dihubungkan dengan indeks konektivitas udara serta pertumbuhan ekonomi (GDP) untuk memahami kontribusi sentralitas node terhadap ekonomi. Hasil yang didapat dengan metode yang diusulkan memiliki kemampuan yang relatif lebih baik dibandingkan dengan metode pengukuran sentralitas maupun metode berbasis graf dinamis lainnya. |
Judul |
Pendekatan Embededding Graf Dinamis untuk Penentuan Sentralitas Bandara pada Jaringan Penerbangan |
Tgl Pemasukan |
14 Februari 2025 |
NPM |
2106806593 |
Abstrak English |
Name : Wismu Sunarmodo Study Program : Computer Science Title : Dynamic Graph Embedding Approach For Airport Centrality In Flight Network Counsellor : Bayu Distiawan Trisedya, S.Kom, M.Kom, Ph.D. This research attempts to address challenges in measuring node centrality in dynamic graphs by introducing a new metric based on node embedding. Two approaches are employed: static graph embedding and dynamic graph embedding. The static approach transforms a dynamic graph into a static one using aggregation techniques. Aggregation involves adding a time period component to node labeling, enabling graphs from each time period to become subgraphs in an aggregated graph. However, centrality measurement in the embedding domain cannot be done deterministically due to the lack of a reference to gauge node centrality levels. Therefore, a dynamic graph-based approach with virtual nodes is proposed. The dynamic approach considers changes in node embeddings over time, which cannot be achieved in static graph approaches. Additionally, deterministic centrality measurement in the graph domain can be achieved by adding virtual nodes connected to all other nodes in the graph with minimum weight. The method is tested on US domestic flight schedule data from 1988 to 2022 to assess the centrality levels of each airport in the flight network. The centrality measurements obtained from the proposed method are then compared with other centrality measurement methods and correlated with air connectivity indices and economic growth (GDP) to understand the contribution of node centrality to the economy. Results obtained from the proposed method demonstrate relatively better capabilities compared to other centrality measurement methods and other dynamic graphbased methods. |
Subjek |
graf dinamis, virtual node |
Penguji 2 |
Ari Wibisono |
Penguji 3 |
Amril Syalim |
Penguji 4 |
Pembimbing 1 |
Bayu Distiawan Trisedya |
Fisik |
xiii, 49 hlm. : ill. ; 30 cm. |
Bahasa |
Indonesia |
Lulus Semester |
Genap 2023/2024 |
Penerbitan |
Depok: Fasilkom UI, 2024 |
No. Panggil |
T-1407 (Softcopy T-1116) MAK PI-207 TR-CSUI-079 |
Penguji 1 |
Muhammad Hafizhuddin Hilman |