Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number T-0201
Collection Type Tesis
Title Pengembangan fasilitas perkakas kognitif berbasis sistem pakar pada sistem pengajaran berbantuan komputer dalam domain strategi belajar
Author Denny Kurniadi;
Publisher Depok: Pascasarjana Fak. Ilmu Komputer UI, 2000
Subject Expert systems (Computer science)
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
T-0201 TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 10692
ABSTRAK

Tesis ini membahas suatu model fasilitas perkakas kognitif yang dapat dikembangkan dalam suatu sistem Pengajaran Berbantuan Komputer. Domain yang dipilih dalam model ini yaitu straegi Belajar sebagai salah satu bidang kajian dalam psikologi. Secara keseluruhan, model dibagi atas beberapa odul sebagai fasilitas belajar yang diharpkan dapat mengembangkan proses berpikir kreatif dan kritis melalui eksplorasi bahan ajar dalam menentukan dan mengidentifikasi suatus trategi belajar. Cara yang ditempuh dalam menentukan suatu strategi belajar tersebut dapat dengan melakukan tanya-jawab dengan sistem melalui pencarian atribut-atribut yang dimiliki oleh suatu strategi belajar dan dapat juga dengan mengevaluasi suatu think - a - loud dan mengidentifikasi strategi belajar yang dikandungnya. Untuk memperoleh hasil belajar yang lebih mengembangkan proses berpikir kreatif-krisis, sistem meny;ediakan fasilitas akuisisi data yang dapat digunakan oleh pemakai untuk menambahkan dan mengembangkan atribut-atribut (atau bahkan mengganti) beserta jenis strategi belajar yang lain. Melalui fasilitas akuisisi data, pemakai dapat mengisi slot form yang disediakan. Selain itu, mekanisma eksplanasi yang dapat dimanfaatkan sepanjang pemakaian sistem diharapkan juga membantu pemakai dalam mengembangkan pemahaman akan bahan ajar tersebut. Uji coba yang dilakukan untuk melihat akurasi dalam menentukan dan mengidentifikasi strategi belajar terutama modul evaluasi think-a-loud menunjukkan tingkat akurasi sekitar 84% dibandingkan terhadap hasil identifikasi yang dilakukan seorang pakar.