Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number Kp-0767 (Softkopi KP-333) (SCKP-204)
Collection Type Kerja Praktek (KP)
Title Pengembangan sistem informasi reservasi rapat (SIRAT) PT Koll IPAC
Author Nova Eka Diana;
Publisher Depok: Fakultas Ilmu Komputer, 2006
Subject
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
Kp-0767 (Softkopi KP-333) (SCKP-204) TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 15522
PT. Koll IPAC (Koll) merupakan perusahaan berskala internasional yang bergerak di bidang pelayanan properti terhadap pengguna (penyewa dan pembeli) serta penanam saham. Koll mempunyai 2 kantor yaitu Head Office dan Residential Service. Masing-masing kantor memiliki sumber daya atau fasilitas sendiri dalam pengadaan rapat yang dapat saling dipinjamkan antara kedua kantor tersebut. Proses peminjaman fasilitas ini dilakukan secara manual, yaitu pegawai yang ingin menggunakan ruang rapat harus memesan pada divisi General Admin (GA), sedangkan pegawai yang ingin menggunakan proyektor dan laptop harus memesan terlebih dahulu pada divisi IT. Hal ini menyebabkan sering terjadinya salah pengertian dari pegawai yang ingin meminjam maupun dari divisi GA atau IT itu sendiri. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka Koll ingin mengembangan sistem informasi yang menangani proses reservasi fasilitas rapat, Sistem Informasi Reservasi Rapat (SIRAT). SIRAT ini memiliki beberapa fitur, antara lain : fitur melihat daftar reservasi baik per bulan maupun per hari berdasarkan jenis fasilitas, fitur melihat daftar reservasi dalam bentuk time table, fitur reservasi fasilitas rapat, fitur pengubahan atas reservasi yang telah dilakukan, fitur pembatalan reservasi yang telah dilakukan, fitur verifikasi atas pengambilan / pengembalian suatu fasilitas rapat, fitur pengiriman email secara otomatis kepada pihak-pihak yang terkait dalam reservasi fasilitas rapat (pemesan, penanggungjawab, IT Admin) dalam hal reservasi, pembatalan maupun pengubahan reservasi, dan fitur menghasilkan daftar reservasi dalam bentuk print out. Dalam pelaksanaan Kerja Praktek ini, penulis melakukan proses analisis, desain, implementasi, dan pengujian sistem. Penulis memulai pengerjaan Kerja Praktek dengan mengidentifikasi dan menganalisis kebutuhan dari sistem, dilanjutkan dengan mendesain fitur-fitur dari sistem. Kemudian penulis membuat prototype dari sistem untuk mengidentifikasi keinginan pengguna dengan jelas dan diteruskan dengan mengimplementasikan fitur-fitur dengan menyempurnakan prototype yang sudah dibuat. Setelah semua fitur selesai diimplementasikan, maka penulis melakukan pengujian dengan dua metode yaitu white box dan black box testing. Dari proses pengerjaan Kerja Praktek, penulis berhasil membangun sebuah sistem informasi berbasis web yang dapat menangani proses bisnis Koll IPAC dalam reservasi fasilitas rapat. Sistem yang telah dibuat memiliki fitur-fitur yang sudah disebutkan sebelumnya. Kata kunci : reservasi, fasilitas rapat, sistem informasi reservasi rapat, PT Koll IPAC