Call Number | T-0671 (Softcopy T-0325) |
Collection Type | Tesis |
Title | Analisa pendorong dan penghambat tata kelola Teknologi Informasi Departemen Keuangan Sebagai Sektor Layanan Publik Studi Kasus : Direktorat Jenderal BC |
Author | Bambang Jokonowo; |
Publisher | Jakarta: Pasca Sarjana - MTI: 2008 |
Subject | IT Governance, Public |
Location | FASILKOM-UI; |
Nomor Panggil | ID Koleksi | Status |
---|---|---|
T-0671 (Softcopy T-0325) | TERSEDIA |
ABSTRAK Penerapan Teknologi Informasi(TI) di sebuah organisasi baik itu yang mencari laba ataupun nir-laba tidak selamanya selaras dengan strategi dan tujuan organisasi. Direktorat Jendral BC sebagai organisasi layanan publik menghadapi perubahan yang sangat cepat di-era globalisasi ekonomi dan liberasi perdagangan, serta menghadapi tantangan, hambatan dan peluang dimasa depan dituntut senantiasa mampu mengantisipasi berbagai macam perubahan internal maupun eksternal agar bisa mencapai suatu kondisi yang diinginkan. Tujuan penelitian bersifat deskriptif yang akan menggambarkan Tata kelola TI pada organisasi tersebut sebagai salah satu organisasi sektor layanan publik di Indonesia. Analisa menggunakan kerangka teori IT Governance yang sudah ada dan digunakan model dalam pencarian hubungan sebab akibat dari aktivitas-aktivitas TI yang diambil, bersamaan dengan analisa faktor-faktor yang menjadi pendorong dan penghambat dalam menentukan tata kelola teknologi informasi di sektor layanan publik tersebut. Kata kunci : Tata Kelola TI, Sektor Layanan Publik x +128 halaman; 19 gambar, 3 tabel, 4 lampiran Daftar acuan : 13 (1999-2007)