Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number T-0840 (Softcopy T-0495)
Collection Type Tesis
Title Implementasi data warehouse dan data mining untuk menemukan pola pemakaian layanan pada industri Telekomunikasi
Author Indra Suyitno;
Publisher Jakarta: Pascasarjana MTI UI, 2009
Subject Data Warehouse, Data Mining
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
T-0840 (Softcopy T-0495) TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 28105
ABSTRAK

ABSTRAK Nama : Indra Suyitno Program Studi : Magister Teknologi Informasi Judul : Implementasi Data Warehouse dan Data Mining untuk Menemukan Pola Pemakaian Layanan pada Industri Telekomunikasi Persaingan dalam dunia bisnis khususnya Industri Telekomunikasi semakin ketat membuat para pelaku harus memikirkan strategi-strategi atau terobosan yang dapat menjamin keberlangsungan bisnis mereka. Kepuasan pelanggan merupakan salah satu faktor yang sangat perlu diperhatikan untuk menjaga pelanggan agar tetap setia pada produk atau layanan yang ditawarkan. Dalam Industri Telekomunikasi data billing dan data kinerja Network dapat dikatakan sebagai data produksi yang sangat penting, bahkan merupakan asset yang berharga di dalam pengelolaan Industri Telekomunikasi. Hal ini menciptakan sebuah kebutuhan akan adanya teknologi yang dapat memanfaatkannya untuk menggali pengetahuan-pengetahuan baru, yang dapat membantu dalam perencanaan strategi bisnis di masa depan. Dalam hal ini teknologi data mining merupakan salah satu solusi yang dapat diterapkan. Dalam penelitian ini akan dibahas Implementasi Data Mining dan Data Warehouse untuk Menemukan Pola Pemakaian Layanan pada Industri Telekomunikasi. Model data mining menggunakan association rules algoritma apriori. Association rules yang dihasilkan yang dapat diinterpetasikan menjadi pengetahuan baru mengenai karakteristik obyek produk atau layanan berbasis wireline salah satu operator telekomunikasi. Pengetahuan baru nantinya dapat digunakan sebagai bahan analisis dalam menentukan rencana kebijakan strategis di masa yang akan datang dalam rangka meningkatkan kinerja layanan agar keberadaan pelanggan dapat dipertahankan dan ditingkatkan. Kata kunci : Data Mining, Association Rules, Apriori, Telekomunikasi xv + 77 halaman ; 19 gambar; 5 grafik; 7 tabel ; 4 lampiran