Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number SK-0812 (Softcopy SK-294) Source code SK - 264
Collection Type Skripsi
Title Penyajian objek pembelajaran berbasis scorm secara non-sequencing dan linear sequencing studi kasus: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia
Author Yasna Suwita;
Publisher Depok: Fasilkom UI, 2009
Subject
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SK-0812 (Softcopy SK-294) Source code SK - 264 TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 28294
Personalisasi pembelajaran merupakan langkah efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam pembelajaran online. Salah satu metode yang banyak digunakan untuk menerapkan konsep personalisasi adalah pengurutan objek pembelajaran (learning object sequencing). Akan tetapi, metode ini belum diterapkan di sistem e-learning yang dipakai Universitas Indonesia yaitu SCeLE. Skripsi ini akan membahas implementasi dua metode penyajian objek pembelajaran dengan menggunakan Shareable Content Object Reference Model (SCORM), serta survei untuk mengetahui metode yang paling efektif dan efisien dari dua metode, yaitu metode non-sequencing dan metode linear sequencing. Materi yang disajikan adalah Graph dan Tree, dengan kondisi terdapat keterkaitan antarsubtopiknya, namun sebenarnya materi ini dapat dipahami tanpa harus membaca materi sebelumnya. Hasil penelitian yang dilakukan kepada 31 mahasiswa Fasilkom UI dan dengan asumsi tingkat kesulitan materi dan soal posttest sama, menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan nilai posttest dan tingkat preferensi yang signifikan dari kedua metode tersebut.