Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number KP-1123 (Softkopi KP-686)
Collection Type Kerja Praktek (KP)
Title Sistem dokumentasi purchasing di Departemen rental and used equipment PT Trakindo Utama
Author Muhammad Edwin Dwi Putra;
Publisher Depok: Fasilkom UI, 2010
Subject
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
KP-1123 (Softkopi KP-686) TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 32656
ABSTRAK

Pada laporan ini, Pelaksana KP akan memaparkan mengenai pelaksanaan Kerja Praktik yang sudah selesai dalam periode 14 pekan. Periode Kerja Praktik dimulai pada tanggal 10 Mei 2010 dan berakhir pada tanggal 13 Agustus 2010. Kerja Praktik tersebut dilaksanakan di PT Trakindo Utama di Cilandak, Jakarta. PT Trakindo Utama merupakan sebuah anak perusahaan dari Tiara Marga Trakindo. PT Trakindo utama adalah perusahaan resmi yang menjual dan menyewakan alat berat Caterpillar, Ltd dari Amerika Serikat. Kerja Praktik dilaksanakan di Departemen Rental and Used Equipment. Sebuah departemen yang khusus menangani penyewaan alat berat dan penjualan alat berat bekas pakai. Di departemen tersebut terbagi lagi menjadi 3 divisi, yaitu Divisi Rental, Divisi Used Equipment, Divisi Plant, dan Divisi Finance and Admin. Pelaksana KP bertugas di Divisi Finance and Admin untuk membuat suatu sistem web based yang bisa menyimpan sebuah data dan digunakan dari banyak komputer yang saling terhubung. Sistem ini perlu dibuat karena selama ini proses penyimpanan data menggunakan file spreadsheet excel dan dokumennya disimpan dalam bentuk harcopy. Data yang disimpan meliputi data yang berkenaan dengan proses purchasing yang ada di Departemen Rental and Used Equipment. Walaupun ada juga data merchandise yang disimpan. Tujuan dari penyimpanan ini agar data keluar dan masuk merchandise jelas. Pelaksana KP selain mengembangkan sebuah sistem RuMind (RUE Admin Information Documentation), juga terlibat langsung dalam kegiatan admin khususnya purchasing. Deskripsi pekerjaannya behubungan dengan Purchase Requisition, Purchase Order dan Invoice. Pada laporan ini akan dijelaskan meliputi pelaksanaan KP, mulai dari proses mendapatkan tempat KP, penjelasn deskripsi pekerjaan di sana, pengembangan sistem, dan ditutup dengan kesimpulan dan saran dari hasil KP selama 14 pekan.