Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number KA-053 (Softcopy KA-053)
Collection Type Karya Akhir (KA)
Title Kajian kualitas sistem informasi akademik terhadap tingkat penerimaan dan tingkat kepuasan pengguna : studi kasus pada SMA Kusuma Bangsa Palembang
Author Hermawiriawati;
Publisher Jakarta : Program Studi Magister Teknologi Informasi Fasilkom UI, 2010
Subject Quality SI
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
KA-053 (Softcopy KA-053) Indonesia TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 32757
ABSTRAK

Keberhasilan implementasi teknologi baru sangatlah tergantung dari kualitas teknologi tersebut, baik dari sisi kualitas disain sistem, kualitas informasi yang dapat disajikan, dan kualitas layanan yang diberikan, yang menentukan tingkat penerimaan dan tingkat kepuasan pengguna. SMA Kusuma Bangsa Palembang salah satu sekolah RSBI baru mengimplementasikan sistem informasi akademik yang disebut SIKAD. Penelitian ini bertujuan mengetahui kualitas SIKAD dalam hubungannya dengan tingkat penerimaan dan tingkat kepuasan siswa, dengan cara melakukan pengukuran dan penganalisaan kualitas sistem informasi akademik dalam hubungannya dengan tingkat penerimaan dan tingkat kepuasan pengguna. Analisa data digunakan dalam penelitian ini menggunakan SPSS (Statistics Product and Service Solution) seri 12.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang cukup tinggi antara kualitas sistem informasi akademik dengan tingkat penerimaan dan tingkat kepuasan pengguna akhir, dimana semakin baik kualitas sistem informasi akademik, maka semakin tinggi tingkat penerimaan dan tingkat kepuasan para pengguna akhir terhadap sistem tersebut. Faktor yang paling berpengaruh terhadap kepuasan pengguna akhir dalam penggunaan sistem informasi akademik di lingkungan SMA KUSUMA BANGSA Palembang adalah kualitas informasi, kemudahan penggunaan yang dirasakan dan manfaat yang diberikan.