Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number SK-0983 (Softcopy SK-464)
Collection Type Skripsi
Title Analisis penggunaan dan pengelolaan corporate blog pada perusahaan konsultasi di Indonesia
Author Indah Nurul Aini Razaad;
Publisher Depok: Fasilkom UI, 2011
Subject
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SK-0983 (Softcopy SK-464) TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 34485
Corporate blog merupakan salah satu media sosial yang lazim digunakan oleh perusahaan-perusahaaan di dunia sebagai media komunikasi dan penyampaian opini perusahaan. Namun demikian, corporate blog belum banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan di Indonesia. Dari beberapa perusahaan di Indonesia yang memiliki corporate blog, jenis perusahaan yang paling banyak mengadopsi corporate blog ialah perusahaan konsultasi. Sebagai perusahaan yang tidak memiliki produk berupa barang untuk diperjualbelikan, corporate blog sudah selayaknya dapat memberikan kontribusi bagi perusahaan konsultasi. Dalam menghadapi situasi ini, penulis melakukan penelitian mengenai penggunaan dan pengelolaan corporate blog pada perusahaan di Indonesia, khususnya pada perusahaan konsultasi, dengan melakukan in-depth interview terhadap tiga perusahaan konsultasi di Jakarta. Penelitian dilakukan secara kualitatif, dimana hasil wawancara pada ketiga perusahaan dianalisis dari sudut pandang sembilan komponen berbeda, yaitu: motivasi penggunaan, fungsi, tampilan, fitur, ide dan konsep penulisan, sarana TI pendukung, kendala, kebijakan serta dampak. Analisa tersebut berupa perbandingan antara teori yang berlaku dan keadaan yang sebenarnya di ketiga perusahaan. Selanjutnya, penulis mengidentifikasi faktor-faktor yang mendukung keberhasilan corporate blog pada perusahaan konsultasi di Indonesia dan menganalisa penerapan yang sudah dilakukan pada perusahaan tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mendukung keberhasilan corporate blog meliputi: dukungan dari top management, adanya evangelist, edukasi terkait corporate blog, tujuan yang jelas, komitmen perusahaan, kebijakan dan aturan, serta dialog dengan konsumen. Faktor-faktor keberhasilan corporate blog tersebut bergantung pada penggunaan dan praktik pengelolaannya, dimana praktik yang sudah dijalankan memiliki peranan dalam mendukung keberhasilan corporate blog.