Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Pengarang Elizabeth;
Kata Kunci Web
Pembimbing 3 Puspa Indahati Sandhyanduhita
Pembimbing 2 Achmad Nizar Hidayanto
Tahun buku 2014
Barcode RFID baru 11701800
Progam Studi SISTEM INFORMASI
Tahun Angkatan 2010
Lokasi FASILKOM-UI;
Tanggal Datang 15/07/2014
Abstrak Indonesia ABSTRAK Nama : Elizabeth Program Studi : Sistem Informasi Judul : Investigasi Pemanfaatan Web 2.0 untuk Knowledge Management (KM) oleh Profesional Teknologi Informasi Pengetahuan seorang profesional pada suatu bidang telah disadari banyak perusahaan memiliki suatu nilai yang berharga dan harus dikelola dengan baik (knowledge management) yang pada masa awal bergantung pada penerapan teknologi contohnya seperti penggunaan knowledge management system (KMS). Penerapan KMS yang biasanya membutuhkan biaya yang cukup besar, membutuhkan penyesuaian, dan perlu dipelihara secara berkala dipermudah dengan adanya teknologi internet dan Web 2.0 dapat memudahkan penyebaran informasi dan pengetahuan secara cepat tanpa batasan waktu dan tempat dengan biaya yang jauh lebih terjangkau. Web 2.0 menyediakan beberapa jenis aplikasi yang dapat mendukung KM seperti jejaring sosial, blog, wiki, content sharing network (CSN), dan forum. Penelitian ini bertujuan untuk melihat aktivitas-aktivitas KM yang dilakukan pada aplikasi Web 2.0 beserta tingkat pemanfaatan yang dilakukan oleh para profesional teknologi informasi (TI). Hal-hal yang dianalisis dalam penelitian adalah tipe informasi yang dicari dan digunakan pada Web 2.0, motivasi penggunaan Web 2.0 untuk KM, serta frekuensi penggunaan dan kepentingan aktivitas-aktivitas KM yang dilakukan pada kelima jenis aplikasi Web 2.0. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner baik secara online maupun tatap muka. Terdapat 168 data responden yang dapat digunakan untuk analisis. Analisis dilakukan dengan statistik deskriptif yang dihitung dengan bantuan aplikasi SPSS (Statistic Package for the Social Science) dan matriks penggunaan-kepentingan yang diadaptasi dari penelitian Sigala dan Chalkiti (2013). Hasil penelitian menunjukkan bahwa jejaring sosial digunakan secara efektif untuk masing-masing aktivitas KM. Wiki memiliki penggunaan dan kepentingan yang rendah. Blog, CSN, dan forum pada umumnya jatuh kepada tingkat kepentingan dan penggunaan yang rendah maupun sebaliknya. Setiap aplikasi Web 2.0 dapat mengakomodasi proses eksternalisasi dan kombinasi pada SECI (Socialization, Externalization, Combination, Internalization) model. Namun, proses internalisasi dapat diakomodasi oleh aplikasi CSN sementara itu jejaring sosial dapat mengakomodasi 4 proses SECI. Sesuai dengan tingkat pemanfaatan pada Web 2.0, aktivitas-aktivitas KM yang dilakukan pada Web 2.0 oleh sebagian besar responden memiliki tingkat yang rendah. Kata Kunci: Web 2.0, Knowledge management, KM, Profesional TI, Pengelolaan pengetahuan.
Judul Investigasi pemanfaatan web 2.0 untuk knowledge management (KM) oleh profesional tekologi informasi
NPM 1006760752
Abstrak English ABSTRACT Name : Elizabeth Study Program : Information System Title : Investigating the Utilization of Web 2.0 for Knowledge Management (KM) by Information Technology Professional The professionals’ knowledge in their field is valuable and it has been realized by many companies that it should be managed well (knowledge management) which in its early phase relied on the application of technology such as the use of knowledge management system (KMS). The KMS application typically costs more money, requires adjustments, and needs to be maintained periodically and now it can be facilitated by the existence of internet technologies and Web 2.0 which can make the dissemination of information and knowledge easier without any limitation of time and place with much more affordable cost. Web 2.0 provides several types of applications that can support KM such as social networking, blogs, wikis, content sharing networks (CSN), and forums. This research aims to observe KM activities performed by information technology (IT) professionals on Web 2.0 applications and their utilization rate. The type of information which is sought and used on Web 2.0, the motivation of using Web 2.0 for KM, and the KM activities which are used in the five type of Web 2.0 related to frequency of the use and the importance level. Data collection was carried out throughout questionnaires both online as well as offline and some 168 data can be used for analysis. The analysis is done by using descriptive statistics with SPSS (Statistic Package for the Social Science) application and the utilization-importance matrix which is adopted by Sigala and Chalkiti (2013) research. The results show that the social networking is used effectively for each KM activity. Meanwhile, the wiki usage and importance are considered in low level. Blog, CSN, and forum application generally are considered in the same level that is high or otherwise. In general, any Web 2.0 applications can accommodate the externalization and combination of SECI (Socialization, Externalization, Combination, Internalization) model. However, the internalization can be accommodated by CSN while all four SECI processes can be accommodated by social networking. According to the utilization level on Web 2.0, the results show that all the KM activities which is done in Web 2.0 by most of the respondents have low level. Keywords: Web
Penguji 2 Yova Rudelviyani
Fisik xvi, 169 hlm.;ill; 30 cm.
Bahasa ind
Penerbitan Depok : Fakultas Ilmu Komputer, 2014
Lulus semester SI GENAP 2013-2014
No. Panggil SK-1253 (SOFTCOPY SK-735)
Penguji 1 Satrio Baskoro Yudhoatmojo
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SK-1253 (SOFTCOPY SK-735) TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 41940
ABSTRAK Nama : Elizabeth Program Studi : Sistem Informasi Judul : Investigasi Pemanfaatan Web 2.0 untuk Knowledge Management (KM) oleh Profesional Teknologi Informasi Pengetahuan seorang profesional pada suatu bidang telah disadari banyak perusahaan memiliki suatu nilai yang berharga dan harus dikelola dengan baik (knowledge management) yang pada masa awal bergantung pada penerapan teknologi contohnya seperti penggunaan knowledge management system (KMS). Penerapan KMS yang biasanya membutuhkan biaya yang cukup besar, membutuhkan penyesuaian, dan perlu dipelihara secara berkala dipermudah dengan adanya teknologi internet dan Web 2.0 dapat memudahkan penyebaran informasi dan pengetahuan secara cepat tanpa batasan waktu dan tempat dengan biaya yang jauh lebih terjangkau. Web 2.0 menyediakan beberapa jenis aplikasi yang dapat mendukung KM seperti jejaring sosial, blog, wiki, content sharing network (CSN), dan forum. Penelitian ini bertujuan untuk melihat aktivitas-aktivitas KM yang dilakukan pada aplikasi Web 2.0 beserta tingkat pemanfaatan yang dilakukan oleh para profesional teknologi informasi (TI). Hal-hal yang dianalisis dalam penelitian adalah tipe informasi yang dicari dan digunakan pada Web 2.0, motivasi penggunaan Web 2.0 untuk KM, serta frekuensi penggunaan dan kepentingan aktivitas-aktivitas KM yang dilakukan pada kelima jenis aplikasi Web 2.0. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner baik secara online maupun tatap muka. Terdapat 168 data responden yang dapat digunakan untuk analisis. Analisis dilakukan dengan statistik deskriptif yang dihitung dengan bantuan aplikasi SPSS (Statistic Package for the Social Science) dan matriks penggunaan-kepentingan yang diadaptasi dari penelitian Sigala dan Chalkiti (2013). Hasil penelitian menunjukkan bahwa jejaring sosial digunakan secara efektif untuk masing-masing aktivitas KM. Wiki memiliki penggunaan dan kepentingan yang rendah. Blog, CSN, dan forum pada umumnya jatuh kepada tingkat kepentingan dan penggunaan yang rendah maupun sebaliknya. Setiap aplikasi Web 2.0 dapat mengakomodasi proses eksternalisasi dan kombinasi pada SECI (Socialization, Externalization, Combination, Internalization) model. Namun, proses internalisasi dapat diakomodasi oleh aplikasi CSN sementara itu jejaring sosial dapat mengakomodasi 4 proses SECI. Sesuai dengan tingkat pemanfaatan pada Web 2.0, aktivitas-aktivitas KM yang dilakukan pada Web 2.0 oleh sebagian besar responden memiliki tingkat yang rendah. Kata Kunci: Web 2.0, Knowledge management, KM, Profesional TI, Pengelolaan pengetahuan.