Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number SK-1245 (Softcopy SK-727)
Collection Type Skripsi
Title Integrasi delone & mclean information system sucess factor model dengan expectation confirmation model untuk memprediksi kontinuitas penggunaan knowledge management system
Author Gilang Pamenan;
Publisher Depok : Fakultas Ilmu Komputer, 2014
Subject
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SK-1245 (Softcopy SK-727) TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 41941
ABSTRAK Nama : Gilang Pamenan Program Studi : Sistem Informasi Judul : Integrasi DeLone & McLean Information System Success Factor Model Dengan Expectation Confirmation Model untuk Memprediksi Kontinuitas Penggunaan Knowledge Management System Sebuah sistem informasi tanpa adanya kontinuitas penggunaan, tidak dapat memberikan dampak yang maksimal, tidak terkecuali knowledge management system (KMS) sebagai salah satu klasifikasi dari sebuah sistem informasi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh performa KMS terhadap keinginan pengguna untuk mau menggunakan KMS tersebut secara berkelanjutan. Model penelitian dikembangkan dengan mengintegrasikan konsep expectation confirmation model dan konsep DeLone & McLean IS Success Model. Untuk menguji model yang telah dikembangkan, dilakukan survei pada tiga perusahaan, yaitu PT. Perusahaan Listrik Negara, PT. Aplikanusa Lintasarta, dan PT. Accenture dengan jumlah total responden sebanyak 131. Pengolahan data tersebut dilakukan dengan metode Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas sistem dan kualitas informasi atau pengetahuan terbukti memberikan pengaruh terhadap seluruh faktor pendorong kontinuitas penggunaan KMS, yaitu persepsi kemanfataan, kepuasan, dan kepercayaaan. Selain itu, kepuasan juga terbukti memberikan pengaruh terhadap keinginan untuk memberikan rekomendasi. Oleh karena itu, perusahaan perlu menjaga dan meningkatkan performa KMS agar dapat mendorong karyawan untuk menggunakan KMS secara berkelanjutan dan memberikan rekomendasi kepada karyawan lain. Kata Kunci : knowledge, knowledge management system, kontinuitas penggunaan, intensi kelanjutan, kualitas sistem, kualitas informasi atau pengetahuan, Bhattacherjee, DeLone dan McLean, Partial Least Square.