Call Number | KA-887 (softcopi KA-1572) |
Collection Type | Karya Akhir (KA) |
Title | Pengembangan data warehouse dan data mining untuk standar nasional pendidikan |
Author | Arif Rifai Dwiyanto; |
Publisher | Jakarta : Program Studi Magister Teknologi Informasi Fasilkom UI, 2016 |
Subject | Data mining |
Location | FASILKOM-UI; |
Nomor Panggil | ID Koleksi | Status |
---|---|---|
KA-887 (softcopi KA-1572) | Indonesia | TERSEDIA |
Standar Nasional Pendidikan (SNP) adalah kriteria minimal tentang sistem pendidikan di seluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia. SNP digunakan sebagai acuan pengembangan kurikulum, tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, dan pembiayaan pendidikan. Pengembangan dan pemantauan SNP dilakukan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) dibantu oleh tim ahli yang bersifat ad-hoc. Data pendidikan yang ada pada kementerian atau hasil-hasil analisisnya diprioritaskan untuk digunakan dalam pengembangan dan pemantauan SNP. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah belum intensifnya penggunaan data pendidikan yang ada pada kementerian untuk pengembangan dan pemantauan SNP. Salah satu penyebab belum intensifnya penggunaan data pendidikan ini karena data pendidikan tersebar di berbagai instansi dan belum ada standar yang mengatur data pendidikan dan bagaimana cara mengaksesnya. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengatasi hal ini adalah teknologi data warehouse dengan melakukan integrasi data melalui proses ETL. Untuk memanfaatkan lebih jauh lagi data yang ada dalam data warehouse dapat dilakukan data mining. Pada penelitian ini akan dikaji sejauh mana data warehouse dan data mining dapat digunakan untuk pengembangan dan pemantauan SNP. Penelitian yang dilakukan mencakup analisis terhadap pengelolaan data pendidikan di Indonesia, analisis terhadap data yang akan diolah, dilanjutkan dengan pengembangan serta evaluasi data warehouse dan data mining yang dikembangkan. Data yang digunakan dalam penelitian ini dibatasi pada data hasil Ujian Nasional (UN) dan akreditasi untuk jenjang SMP/MTs. Dari penelitian ini didapati bahwa antarmuka OLAP dalam data warehouse dapat digunakan untuk menganalisis data pendidikan terkait dengan SNP. Sedangkan untuk data mining, teknik deskriptif dengan pencarian aturan asosiasi dan teknik prediktif dengan klasifikasi dapat digunakan untuk memperoleh pengetahuan yang tersimpan dalam data warehouse untuk data hasil UN dan akreditasi