Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number KA-1064 (Softcopy KA-1060) MAK KA-709
Collection Type Karya Akhir (KA)
Title Analisis kebutuhan fitur perangkat lunak evaluasi belajar siswa berbasis user-centered design: studi kasus PT ABC
Author Jumari Suprayitno;
Publisher Jakarta : Program Studi Magister Teknologi Informasi Fasilkom UI, 2018
Subject user-centered design
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
KA-1064 (Softcopy KA-1060) MAK KA-709 Indonesia TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 45852
ABSTRAK

Kehadiran kompetitor yang mengembangkan perangkat lunak evaluasi belajar, berdampak pada menurunnya pendapatan PT. ABC sejak tahun 2015. Penurunan ini disebabkan banyaknya pengguna yang beralih pada aplikasi kompetitor yang bersifat gratis serta memberikan kemudahan bagi mereka dalam melakukan aktiftas belajar mengajar dan evaluasi belajar. Melihat kondisi PT. ABC yang kalah bersaing dengan para kompetitor yang sukses dalam memberikan kemudahan bagi penggunanya, PT. ABC ingin memperbaharui perangkat lunak evaluasi belajarnya supaya sesuai dengan kebutuhan para penggunanya yaitu para guru dan siswa. Penelitian ini menggunakan metode User-Centered Design (UCD) yang melibatkan langsung para guru dan siswa dalam proses perancangan di mana UCD ini dapat menghasilkan produk yang lebih efisien dan memuaskan pengguna sehingga akan meningkatkan penjualan dan loyalitas pengguna. Dalam penelitian ini, metode UCD ini dijalankan dari proses evaluasi dengan kuesioner, wawancara dengan guru dan siswa, interpretasi fitur aplikasi evaluasi belajar melalui Hermeneutika, hingga merancang antarmuka dengan berpedoman pada HHS Guidelines. Dari penelitian ini diperoleh 8 kategori fitur yang telah disesuaikan dengan kebutuhan para guru dan siswa untuk menjalankan aktifitas evaluasi belajar. Delapan kategori fitur ini terdiri dari 24 fitur dan 12 rancangan antarmuka.