Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number SK-1626 (Softcopy SK-1108)
Collection Type Skripsi
Title Pengembangan merchant trust model di berbagai platform social commerce
Author Cynthia Destiani;
Publisher Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2018
Subject
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SK-1626 (Softcopy SK-1108) TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 46174
ABSTRAK Nama : Cynthia Destiani Program Studi : Sistem Informasi Judul : Pengembangan Merchant Trust Model di Berbagai Platform Social Commerce Trust merupakan aspek penting dalam berbelanja online. Banyak online merchant memiliki tidak hanya satu online platform untuk menjual barangnya. Menentukan apakah nilai trust dapat berlaku lintas platform pada social commerce merupakan tujuan dari penelitian ini. Penelitian ini juga melihat sifat dari trust, apakah trust bernilai sama atau konsisten berdasarkan fitur dan trust model yang berbeda. Penulis membangun sebuah trust model berdasarkan fitur yang didapat pada Twitter, Instagram, dan Shopee. Penulis melihat apakah pada trust model yang dibangun dapat memperlihatkan apakah trust berlaku cross-platform untuk social commerce. Penelitian ini menunjukkan bahwa trust dapat dilihat dari berbagai sisi. Hal ini ditunjukkan dengan betapa banyak dan beragam fitur yang digunakan dalam menilai trust dan membangun trust model. Selain itu trust score suatu merchant bergantung pada model trust score tersebut berasal dan fitur apa yang digunakan untuk membangun model tersebut. Pada akhir eksperimen ditemukan bahwa trust berlaku lintas platform dilihat dari beberapa trust model dan fitur yang memiliki korelasi tinggi, namun hal ini tergantung pada fitur tertentu yang digunakan dalam membangun trust model yang memiliki fungsi dan karakteristik penggunaan yang sama. Kata Kunci: Trust model, social commerce, cross-platform