Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number SK-1692 (Softcopy SK-1174)
Collection Type Skripsi
Title Evaluasi Usability dan Perbaikan Desain Antarmuka Aplikasi Rumah Belajar dengan Pendekatan User-Centered Design
Author Farrah Hunafa Ahsin;
Publisher Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universias Indonesia, 2019
Subject
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SK-1692 (Softcopy SK-1174) TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 46666
ABSTRAK Nama : Farrah Hunafa Ahsin Program Studi : Ilmu Komputer Judul : Evaluasi Usability dan Perbaikan Desain Antarmuka Aplikasi Rumah Belajar dengan Pendekatan User-Centered Design Rumah Belajar adalah sebuah aplikasi berbasis website gratis yang dapat digunakan oleh seluruh pelajar di Indonesia sebagai suplemen tambahan pembelajaran. Sejak dikembangkan, belum pernah dilakukan penelitian terkait evaluasi usability pada aplikasi Rumah Belajar. Untuk meningkatkan kepuasan dan kenyamanan pengguna, dibutuhkan penelitian evaluasi usability. Penelitian dilakukan untuk mengetahui permasalahan dan kebutuhan dari pengguna aplikasi Rumah Belajar dengan menggunakan user-centered design. Evaluasi dilakukan dengan penggunaan kuesioner dan system usability scale sebagai metode kuantitatif serta usability testing dan contextual interview sebagai metode kualitatif. Dengan menggunakan user-centered design, penelitian melibatkan pengguna sehingga aplikasi sesuai dengan ekspektasi pengguna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa usability aplikasi Rumah Belajar perlu diperbaiki. Perbaikan menggunakan prinsip Shneiderman’s Eight Golden Rules of Interface Design sebagai acuan dan dirancang dalam bentuk prototype untuk melakukan perbaikan berdasarkan temuan masalah. Rancangan desain perbaikan diujikan pada pengguna dengan usability testing. Setelah diujikan, rancangan desain perbaikan terbukti dapat menyelesaikan mayoritas permasalahan usability. Kata Kunci: Aplikasi Rumah Belajar, desain antarmuka, usability evaluation