Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number SK-1744 (Softcopy SK-1226)
Collection Type Skripsi
Title Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Niat Penggunaan Mobile Payment Dari Perspektif Retailer di Indonesia
Author Amira Luthfia Fitriani;
Publisher Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2020
Subject
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SK-1744 (Softcopy SK-1226) TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 47409
ABSTRAK Nama : Amira Luthfia Fitriani Program Studi : Sistem Informasi Judul : Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Niat Penggunaan Mobile Payment Dari Perspektif Retailer di Indonesia Pembimbing : Dr. Putu Wuri Handayani S.Kom, M.Sc. dan Fatimah Azzahro S.Kom., M.Sc. Pertumbuhan internet di Indonesia memberikan perubahan terhadap bisnis ritel dalam menarik perhatian pelanggannya. Sebagian besar retailer melakukan ekspansi menjadi perusahaan multichannel, dimana pelanggan dapat mengunjungi retailer dari berbagai platform menggunakan smartphone untuk mencari informasi, melakukan pembelian dan pembayaran secara online. Pembayaran berbasis mobile dibutuhkan untuk mempermudah retailer dalam menjalankan bisnisnya secara online. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi niat penggunaan mobile payment dari perspektif retailer. Target responden pada penelitian ini adalah penjual online yang pernah atau akan menggunakan aplikasi mobile payment sebagai alat transaksi pembayaran. Hasil pengumpulan data melalui kuesioner online selama dua bulan yaitu terkumpul sebanyak 671 responden. Data tersebut kemudian di analisis menggunakan metode CB-SEM dengan bantuan software AMOS 21.0. Hasil pengolahan dan analisis data menunjukkan bahwa faktor yang memengaruhi niat penggunaan mobile payment dari perspektif retailer di Indonesia adalah government regulation, trust on platform, retailer engagement, brand value, network externalities, dan retailer satisfaction. Pada penelitian ini, trust on platform memengaruhi retailer satisfaction secara langsung dan memiliki nilai korelasi paling tinggi diantara variabel lainnya. Kata kunci: Mobile Payment, Intention to Use, Retailer Satisfaction, Trust on Platform, CB-SEM