Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number SK-1763 (Softcopy SK-1245)
Collection Type Skripsi
Title Analisis pengaruh perceived value dan kepuasan pengguna pada loyalitas pengguna aplikasi pemesanan tiket pesawat di indonesia
Author Kemala Andiyani;
Publisher Depok: Fasilkom UI, 2020
Subject
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SK-1763 (Softcopy SK-1245) TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 48215
ABSTRAK Nama : Kemala Andiyani Program Studi : Sistem Informasi Judul : Analisis Pengaruh Perceived Value dan Kepuasan Pengguna Terhadap Loyalitas Pengguna Aplikasi Pemesanan Tiket Pesawat di Indonesia Pembimbing : Dr. Putu Wuri Handayani S. Kom., M.Sc. dan Ave Adriana Pinem, S. Kom., M. Kom. Meningkatnya penggunaan teknologi membuat masyarakat beralih untuk memesan tiket pesawat secara daring. Selain itu, kepemilikan smartphone membuat aplikasi menjadi media yang paling sering digunakan untuk melakukan pemesanan. Meskipun demikian, loyalitas pengguna masih menjadi permasalahan penyedia layanan pemesanan tiket pesawat. Hal ini dikarenakan pengguna masih sering berpindah-pindah layanan secara tidak menentu. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi perceived value dan hubungannya dengan loyalitas dan kepuasan pengguna aplikasi pemesanan tiket pesawat di Indonesia berdasarkan alasan transaksi pengguna. Faktor-faktor tersebut dikelompokkan berdasarkan siklus transaksi, yaitu pre purchase, purchase, dan post purchase. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan survei terhadap 1.160 responden yang pernah melakukan pembelian tiket pesawat melalui aplikasi. Data diolah dengan metode Covariance Based Structural Equation Modelling (CB-SEM) menggunakan AMOS 24.0. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara perceived value, kepuasan pengguna, dan loyalitas pengguna. Selain itu, ditemukan bahwa pengguna hedonic lebih mengutamakan pengalaman sebelum, saat, dan sesudah melakukan transaksi dibandingkan pengguna utilitarian yang lebih mengutamakan transaksi yang cepat, aman, mudah, dan ringkas. Hasil penelitian dapat digunakan bagi penelitian selanjutnya dengan topik serupa dan penyedia layanan pemesanan tiket pesawat dalam mengelola loyalitas pengguna. Kata kunci: aplikasi pemesanan tiket pesawat, loyalitas pengguna, kepuasan pengguna, perceived value, siklus transaksi, alasan transaksi, CB-SEM