Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number SK-1814 (Softcopy SK-1296)
Collection Type Skripsi
Title Penerapan Metode Software Product Line Engineering (SPLE) dalam Pembuatan Game Object
Author Fardhan Dhiadribratha Sudjono;
Publisher Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2020
Subject
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SK-1814 (Softcopy SK-1296) TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 48359
ABSTRAK Nama : Fardhan Dhiadribratha Sudjono Program Studi : Ilmu Komputer Judul : Penerapan Metode Software Product Line Engineering (SPLE) dalam Pembuatan Game Object Dalam Game Development, proses penyusunan objek dalam permainan merupakan proses yang repetitif. Fitur-fitur pada suatu game object ada yang dapat digunakan ulang pada sebuah game object yang baru. Pendekatan tersebut mirip dengan pendekatan software product line engineering (SPLE) yang menggunakan konsep commonality dan variability. Penelitian dilakukan untuk melihat bagaimana eksekusi proses penyusunan objek dalam game dengan pendekatan SPLE. Proses penelitian dimulai dari identifikasi fitur dan penyusunan feature model untuk objek permainan terlebih dahulu, kemudian analisis perbandingan metode menyusun objek permainan cara manual dengan cara pendekatan SPLE. Ditemukan bahwa metode penyusunan dengan pendekatan SPLE memiliki jumlah langkah yang lebih sedikit dibandingkan metode manual. Metode penyusunan game object dengan metode SPLE dapat menjadi alternatif solusi untuk penyusunan game object yang memiliki fitur yang mirip. Kata kunci: Game Development, Game Object, Software Product Line Engineering, analisis perbandingan