Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number SK-1329 (Softcopy SK-1411)
Collection Type Skripsi
Title Analisis Pengaruh Teknologi Live Streaming Terhadap Actual Purchase Pengguna: Kasus Pada Instagram Live Shopping
Author Laila Saffanah;
Publisher Depok : Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2021
Subject
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
Tidak ada review pada koleksi ini: 49070
ABSTRAK Nama : Laila Saffanah Program Studi : Sistem Informasi Judul : Analisis Pengaruh Teknologi Live Streaming Terhadap Actual Purchase Pengguna: Kasus Pada Instagram Live Shopping Pembimbing : Dr. Putu Wuri Handayani, S.Kom., M.Sc. Adaptasi teknologi live streaming pada social commerce di Indonesia seperti Instagram, Facebook, dan TikTok telah menimbulkan praktek berbelanja baru yang disebut live shopping. Live shopping di Instagram dilakukan melalui fitur Live yang memungkinkan penjual untuk melakukan siaran langsung produk kepada pengguna. Pengguna di Instagram sendiri mengalami peningkatan sebesar 40% pada Maret 2020 lalu sejak adanya Pandemi COVID-19. Saat ini tercatat terdapat 82,4 juta pengguna Instagram sehingga live shopping melalui Instagram Live berkesempatan menjangkau banyak calon pembeli. Penelitian ini kemudian mempelajari pengaruh fitur Instagram Live terhadap actual purchase pengguna berdasarkan teori IT Affordance. Pendekatan penelitian ini dilakukan secara mixed-method dengan pendekatan kuantitatif melalui survei yang diisi oleh 517 responden valid dan pengolahan data menggunakan PLS-SEM, serta pendekatan kualitatif menggunakan wawancara mendalam dengan sembilan responden. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa atribut pada IT Affordance (visibility, metavoicing, shopping guidance, trading, dan triggered attending) pada Instagram Live tidak seluruhnya dapat mendukung engagement pengguna yang dapat mengarah kepada perilaku actual purchase. Fitur Instagram Live terbukti mendukung engagement berupa immersion dan interactivity yang mengarah ke actual purchase, sementara terbukti bahwa presence penjual belum dapat didukung oleh fitur Instagram. Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu pengembang Instagram Live dalam mengevaluasi fitur dan membantu penjual untuk meningkatkan presence supaya dapat mengarah kepada actual purchase. Kata kunci: live shopping, IT affordance, live shopping engagement, actual purchase, instagram live