Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number KA-1586 (Softcopy KA-1571) MAK KA-1223
Collection Type Karya Akhir (KA)
Title Pengaruh media sosial tiktok terhadap brand awareness usaha mikro di Indonesia
Author Shabrina Teruri;
Publisher Jakarta : Program Studi Magister Teknologi Informasi Fasilkom UI, 2022
Subject Social Media
Location FASILKOM-UI-MTI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
KA-1586 (Softcopy KA-1571) MAK KA-1223 Ind TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 49126
ABSTRAK

Pengguna media sosial saat ini mencapai 61,8% di Indonesia dengan rata-rata waktu menggunakan media sosial 3 jam 14 menit setiap hari. Salah satu media sosial yang digunakan adalah TikTok. Pengguna di Indonesia menghabiskan waktu di TikTok selama 13,8 jam per bulan. Konten TikTok yang bersifat hiburan hingga memicu pertumbuhan bisnis ini dimanfaatkan oleh Usaha Mikro untuk melakukan kegiatan pemasaran dengan kegiatan soft selling. Selain itu, ketatnya persaingan bisnis menjadikan pelaku usaha berkompetisi mengadopsi teknologi agar menjadi unggulan. Maka dari itu, pada penelitian ini akan meneliti tingkat adopsi media sosial TikTok oleh usaha mikro dengan teori adaptasi teknologi oleh Rogers (1987;2003) dan faktor-faktor brand awareness usaha mikro yang memasarkan produk atau jasa di TikTok. Model penilitan dibangun berdasarkan teori advertising value dan brand awarneness. Penelitian dilakukan secara kualitatif untuk usaha mikro dan kuantitatif unttuk pengguna yang berperan sebagai pembeli. Berdasarkan wawancara, tingkat adoposi media sosial TikTok oleh usaha mikro adalah early adopter, early majority, dan late majority. Analisis data kuantitatif dilakukan dengan metode PLS-SEM. Hasil analisis dari 170 data responden yang mempengaruhi faktor-faktor adalah entertainment, customization, credibility, irritation, advertising value, dan social influence. Pada penelitian ini juga ditemukan brand awareness mempengaruhi purchase intention. Penelitian ini juga memberikan rekomendasi kepada usaha mikro dalam melakukan kegiatan pemasaran di TikTok