Tidak ada review pada koleksi ini: 51307
ABSTRAK
Nama Mahasiswa 1 : Aynun Nissa Setiawan
NPM Mahasiswa 1 : 1906399202
Nama Mahasiswa 2 : Shafira Azzahra
NPM Mahasiswa 2 : 1906353813
Nama Mahasiswa 3 : Yolanda Emanuella Sutanto
NPM Mahasiswa 3 : 1906299206
Program Studi : Sistem Informasi
Judul : Evaluasi Usability dan Perancangan Ulang Desain Antarmuka
Aplikasi McDelivery Indonesia
Pembimbing : Dr. Panca Oktavia Hadi Putra, B.Sc., M.Bus.
Syifa Nurhayati, M.Kom.
McDelivery Indonesia merupakan aplikasi layanan pesan-antar yang dimiliki oleh
McDonald’s. Aplikasi McDelivery Indonesia memungkinkan pengguna untuk memesan
menu yang diinginkan dan menerima pesanan dari outlet McDonald’s terdekat ke alamat
tujuan. Namun, masih terdapat banyak keluhan pengguna yang berkaitan dengan tampilan
maupun alur dari fitur-fitur yang tersedia. Oleh karena itu, diperlukan evaluasi usability
untuk menemukan masalah yang dirasakan pengguna, sehingga dapat merancang solusi
berupa perancangan ulang desain antarmuka yang dapat meningkatkan pengalaman
pengguna. Penelitian ini menggunakan serangkaian metode evaluasi usability kepada lima
expert dan 11 pengguna. Metode yang digunakan adalah heuristic evaluation dan competitive
usability evaluation untuk expert , serta user interview , Usability Testing (UT), think aloud ,
first-click testing , dan System Usability Scale (SUS) untuk pengguna. Setelah dilakukan
evaluasi, ditemukan 335 masalah usability dan dihasilkan 88 solusi desain. Solusi desain ini
dievaluasi kembali menggunakan UT dan SUS. Secara keseluruhan, terjadi peningkatan pada
hasil evaluasi setelah dilakukan perancangan ulang. Pada UT, terdapat peningkatan success
rate pengguna saat melakukan tasks pada aplikasi, yaitu dari 95.96% menjadi 98.35%. Pada
SUS, terjadi peningkatan nilai dari 54.2 menjadi 82.6. Hasil ini menunjukkan bahwa
perancangan solusi desain mendapatkan respon yang positif dari pengguna. Implikasi teoritis
dari penelitian ini yaitu untuk menambah wawasan baru terkait evaluasi usability dengan
menggunakan pendekatan stage-based serta kombinasi metode heuristic evaluation ,
competitive usability evaluation , user interview , think aloud , first click testing , System
Usability Scale (SUS), dan task analysis . Sementara itu, implikasi praktis dari penelitian ini
adalah untuk mengetahui masalah usability pada aplikasi McDelivery Indonesia.
Kata kunci: Food Delivery Application, McDelivery Indonesia, Usability, Redesign