Tidak ada review pada koleksi ini: 51325
ABSTRAK
Nama : Fahmi Firstian Dani, Muhammad Fachri Syarifuddin
Program Studi : Sistem Informasi
Judul : Evaluasi Usability Dan Perancangan Desain Antarmuka Alternatif
Aplikasi Kai Access
Pembimbing : Dadan Hardianto, S.Kom., M.Kom.
Transportasi kereta api merupakan moda transportasi publik yang populer di Indonesia, dengan
jumlah penumpang mencapai 277 ribu pada tahun 2022. Salah satu cara masyarakat Indonesia
membeli tiket kereta api adalah melalui aplikasi resmi KAI Access, yang dikembangkan oleh
PT. Kereta Api Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan efektivitas, efisiensi,
dan kepuasan pengguna aplikasi KAI Access di Indonesia. Pendekatan yang digunakan dalam
penelitian ini adalah kuantitatif dan kualitatif dengan menggunakan metode kuesioner daring,
System Usability Scale (SUS), User Interview, dan Usability Testing. Penelitian ini menerapkan
prinsip-prinsip User-Centered Design, Nielsen’s Ten Usability Heuristics, serta penelitian
terkait untuk merancang desain antarmuka alternatif. Partisipan penelitian terdiri dari 104
orang yang mengisi kuesioner dan 15 orang yang mengikuti usability testing dan user
interview. Untuk memperoleh wawasan yang lebih luas mengenai pengalaman pengguna,
penelitian ini melibatkan tiga tipe pengguna yang dibagi berdasarkan frekuensi penggunaan
mereka, yaitu Extreme, Intermediate, dan Novice. Dalam usability testing, partisipan
menggunakan aplikasi KAI Access yang telah diunduh dari App Store atau Play Store pada
perangkat ponsel mereka. Proses yang dievaluasi dalam penelitian ini meliputi proses
registrasi, pencarian tiket kereta, pembelian tiket kereta, dan aktivasi tiket kereta. Setelah
desain antarmuka alternatif dirancang, dilakukan evaluasi menggunakan metode usability
testing dan System Usability Scale (SUS). Evaluasi ini melibatkan lima orang partisipan yang
mencakup tiga tipe pengguna yang telah diidentifikasi pada tahap penelitian sebelumnya.
Selama sesi evaluasi, partisipan diminta untuk menyelesaikan skenario yang diberikan oleh
peneliti dan mengisi survei SUS. Hasil evaluasi SUS menunjukkan nilai 89.5 yang
menunjukkan pengalaman penggunaan yang “excellent”. Selain itu, tingkat keberhasilan
partisipan dalam usability testing mencapai 80%.
Kata kunci: KAI Access, Usability Testing, desain antarmuka alternatif, User-Centered
Design, System Usability Scale